Thursday, September 22, 2011

0 Struktur dan fungsi sel tumbuhan




Seperti halnya makhluk hidup yang lain, tumbuhan juga tersusun atas struktur terkecil yaitu sel. Sel tumbuhan mempunyai sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan sel hewan. Ada beberapa bagian dari sel tumbuhan yang mempunyai perbedaan dengan sel hewan.
Bagian - bagian dari sel tumbuhan tersusun atas organel. Organel secara umum ada didalam sitoplasma sel. adapun organel sel pada tumbuhan adalah:
a. Dinding sel
Dinding sel pada tumbuhan mempunyai struktur yang kaku dan tersusun atas Polisakarida. Polisakarida tersusun lagi atas hemin dan pektin. Fungsi utama dinding sel pada tumbuhan adalah sebagai pelindung jaringan dibawahnya, memberi bentuk pada sel tumbuhan sehingga bentuknya tetap.
Dinding sel dapat dibedakan menjadi dinding sel primer dan dinding sel sekunder. Dinding sel primer tersusun atas selulosa dengan kadar 9% - 25%, hemiselulosa, pektin dan beberapa senyawa lainnya. Sel -sel yang hanya memiliki dinding sel primer adalah sel - sel muda yang sedang tumbuh, sel parenkim dan sel kolenkim.
Sedangkan dinding sel sekunder dimiliki oleh sel dewasa yang dibentuk disebelah dalam dinding sel primer. kandungan selulosanya adalah 41% - 45%, hemiselulosa dan lignin.
b. Plastida


Plastida merupakan organel sel yang mengandung pigmen ( zat warna). Bentuk dan isinya bermacam - macam, tergantung pada fungsinya. Plastida dapat dibedakan menjadi :
  1. kromoplas, yaitu plastida yang mengandung pigmen merah, jingga atau kuning. Kromoplas banyak terdapat pada tomat dan wortel.
  2. leukoplas, yaitu plastida yang tidak mengandung pigmen warna. Terdapat pada jaringan tumbuhan yang tidak terkena sinar matahari, misal pada sel embrional, empulur batang dan bagian tumbuhan didalam tanah yang berwarna putih.
  3. amiloplas, adalah plastida yang mengandung amilum ( karbohidrat)
  4. kloroplas adalah plastida yang mengandung klorofil. Strukturnya terdiri dari dua membran yaitu bagian luar dan bagian dalam. Membran bagian luar permukaannya rata dan berfungsi mengatur keluar masuknya zat. Membran bagian dalam membungkus cairan kloroplas yang disebut dengan stroma. Membran dalam ini membentuk lipatan-lipatan yang disebut dengan tilakoid. Struktur yang berlipat - lipat ini membentuk bagian yang disebut dengan grana. Pada bagian dalam tilakoid terdapat kumpulan partikel yang tersusun berderet yang disebut dengan kuantosom.Pada kuantosom inilah terdapat klorofil tang berfungsi untuk fotosintesis.

c. Vakuola

Fungsi vakuola adalah;
  • tempat cadangan makanan, misalpada akar ketela pohon, batang tebu
  • menyimpan pigmen, misal pada sel -sel mahkota bunga yang menyebabkan mahkota berwarna - warni
  • menyimpan minyak atsiri, minyak atsiri adalah minyak tumbuhan yang tergolong minyak eteris.Sifatnya mudah menguap dan mempunyai bau yang khas, sehingga ada beberapa tumbuhan yang mampu mengeluarkan aroma.
  • menyimpan sisa metabolisme, sisa metabolisme ini tidak dapat dikeluarkan karena masih bisa digunakan oleh tumbuhan itu sendiri. Sisa metabolisme yang tidak dileuarkan ini disebut juga dengan sekresi. Misal asam oksalat ( pada Begonia), getah karet, alkaloid.

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • Biologi XI, organel sel tumbuhan, plastida, sel tumbuhan, vakuola

0 comments:

Post a Comment

 
back to top