Sunday, November 20, 2011

0 JARINGAN TULANG RAWAN ( KARTILAGO)

Jaringan tulang rawan disusun oleh sel - sel tulang rawan ( kondrosit) yang dilindungi oleh fibrosa didalam matriks. Matriks tulang rawan mengandung serabut kolagen, serabut elastin dan serabut fibrosa. Semakin tinggi kandungan serabut kolagen maka semakin kuatlah kondisi tulang rawan tersebut.Tulang rawan tidak memiliki kapiler darah, sehingga nutrisinya diperoleh dari jaringan ikat yang ada disekitarnya. Sebelum dewasa, jaringan tulang ini berasal dari sel mesenkim, sedangkan pada dewasa jaringan tulangnya berasal dari selaput tulang rawan ( perikardium).
Berdasarkan matriks penyusunnya, jaringan tulang rawan dibedakan menjadi 3, yaitu :
  • tulang rawan hialin

tulang rawan hialin mengandung serabut elastis lebih banyak dibandingkan dengan serabut kolagen. Pada embrio, sebagian tulang penyusunnya adalah tulang rawan hialin, sedangkan pada orang dewasa tulang rawan ini banyak terdapat pada ujung tulang rusuk, persendian dan pada saluran pernapasan.
  • Tulang rawan elastis

Tulang rawan ini banyak terdapat pada epiglotis, laring dan saluran Eustachius, saluran telinga luar dan daun telinga. Matriks penyusunnya adalah serabut kolagen dengan warna keruh kekuning - kuningan. Fungsi utamanya adalah memberikan fleksibilitas dan sokongan.
  • Tulang rawan Fibrosa
Matriks penyusunnya adalah serabut kolagen kasar yang berwarna gelap dan keruh. Tulang rawan ini banyak terdapat pada hubungan antar tulang. Fungsi utmanya adalah untuk memberikan sokongan dan proteksi.

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • elastis, fibros, kolagen, matriks, tulang rawan hialin

0 comments:

Post a Comment

 
back to top