KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
Bidang Aljabar
2.1
Menunjukkan sikap senang
dan percaya diri dalam menerapkan konsep dan sifat-sifat fungsi eksponensial
dan logaritma dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata
2.2
Memiliki motivasi
internal dan ingin merasakan kebergunaan menerapkan konsep dan aturan dalam
sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel untuk memecahkan masalah
nyata
2.3
Memiliki sikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif sebagai terapan
berbagai konsep dan aturan dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel
untuk memecahkan masalah nyata
2.4
Menunjukkan sikap kritis
dalam menyajikan dan menafsirkan makna himpunan penyelesaian pertidaksamaan
pecahan, irrasional, dan mutlak serta mengaitkannya dengan konteks nyata
Bidang Geometri
2.5
Memiliki rasa percaya
diri dalam menggunakan prinsip-prinsip logika matematika sederhana dalam
pembuktian sifat-sifat dalam geometri bidang
Bidang Trigonometri
2.6
Menunjukkan sikap
kritis, jujur dan bekerjasama dalam menganalisis dan memecahkan masalah
terkait persamaan trigonometri sederhana
|
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
Bidang Aljabar
3.1
Memahami dan
menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma
serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
3.2
Menganalisis data dan
mengidentifikasi sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma dari
suatu permasalahan dan menyelesaikannya
3.3
Memahami dan menerapkan
konsep sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel dan memilih metode
yang efektif untuk menentukan himpunan penyelesaiannya
3.4
Menganalisis nilai
determinan dan menggambarkan kurva persamaan linier dan kuadrat dua variabel
serta menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan yang diberikan
3.5
Memahami konsep sistem
pertidaksamaan kuadrat dua variabel dan memilih metode yang efektif untuk
menentukan himpunan penyelesaiannya
3.6
Menggambarkan dan
menganalisis kurva pertidaksamaan kuadrat dua variabel pada sistem yang
diberikan dan mengaksir daerah sebagai himpunan penyelesaiaanya
3.7
Memahami dan menerapkan
konsep pertidaksamaan dan nilai mutlak dalam menentukan himpunan penyelesaian
pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak
3.8
Memahami dan menerapkan
konsep pertidaksamaan pecahan, irasional, dan mutlak dalam pemecahan masalah
3.9
Melakukan manipulasi
aljabar dalam menerapkan konsep dan sifat-sifat pertidaksamaan peccahan,
irrasional dan mutlak dalam menyelesaikan masalah matematika
3.10 Mengambar, menganalisis dan menafsirkan makna daerah
penyelesaian pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak
Bidang Geometri
3.11 Memahami konsep dan aturan pada bidang datar serta
menerapkannya dalam pembuktian sifat-sifat (simetris, sudut, dalil titik
tengah segitiga, dalil intersep, dalil segmen garis, dll) dalam geometri
bidang
Bidang Trigonometri
3.12 Memahami konsep persamaan Trigonometri dan membuktikan
sifat-sifat persamaan Trigonometri sederhana dan menerapkannya dalam
pemecahan masalah
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
Bidang
Aljabar
4.1
Menerapkan berbagai
konsep dan prinsip eksponensial dan logaritma dalam memecahkan masalah nyata
terkait pertumbuhan dan peluruhan
4.2
Mengolah data,
menggunakan variabel dan menemukan relasi berupa fungsi eksponensial dan
logaritma dari situasi masalah nyata serta menyelesaikannya
4.3
Menerapkan dan
menyajikan hasil pemecahan masalah nyata sebagai terapan konsep dan aturan
penyelesaian sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel
4.4
Memanfaatkan informasi
dari suatu permasalahan nyata, memilih variabel dan membuat model matematika
berupa sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel dan
mengiterpretasikan hasil penyelesaian sistem tersebut
4.5
Merancang dan mengajukan
masalah nyata dan membuat model matematika berupa sistem pertidaksamaan
kuadrat dua variabel serta menyajikan pemecahannya dengan berbagai cara
Bidang Geometri
4.6
Menyajikan data terkait
objek nyata dan mengajukan masalah serta mengidentifikasi sifat-sifat
(kesimetrian, sudut, dalil titik tengah segitiga, dalil intersep, dalil
segmen garis, dll) geometri bidang datar yang bermanfaat dalam pemecahan
masalah nyata tersebut
Bidang Trigonometri
4.7
Memanfaatkan informasi
dari suatu permasalahan nyata, membuat model berupa fungsi dan persamaan
Trigoniometri serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
4.8
Membangun strategi
dengan melakukan manipulasi aljabar dalam persamaan Trigonometri untuk
membuktikan kebenaran identitas Trigonometri serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah kontekstual
|
Sunday, March 31, 2013
0 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA (PEMINATAN) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA), kelas X
About the Author
Author info. Search this text in your template code and replace it.
- kompetensi inti bidang studi peminatan matematika kelas X sma, kompetensi inti matematika kelas X, kurikulum 2013 SMA dan MA
0 comments:
Post a Comment