Sunday, March 31, 2013

0 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA (PEMINATAN) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA), kelas X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2.        Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Bidang Aljabar
2.1         Menunjukkan sikap senang dan percaya diri dalam menerapkan konsep dan sifat-sifat fungsi eksponensial dan logaritma dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata
2.2        Memiliki motivasi internal dan ingin merasakan kebergunaan menerapkan konsep dan aturan dalam sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel untuk memecahkan masalah nyata
2.3        Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif sebagai terapan berbagai konsep dan aturan dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel untuk memecahkan masalah nyata
2.4        Menunjukkan sikap kritis dalam menyajikan dan menafsirkan makna himpunan penyelesaian pertidaksamaan pecahan, irrasional, dan mutlak serta mengaitkannya dengan konteks nyata

Bidang Geometri
2.5        Memiliki rasa percaya diri dalam menggunakan prinsip-prinsip logika matematika sederhana dalam pembuktian sifat-sifat dalam geometri bidang
Bidang Trigonometri
2.6        Menunjukkan sikap kritis, jujur dan bekerjasama dalam menganalisis dan memecahkan masalah terkait persamaan trigonometri sederhana

3.        Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Bidang Aljabar
3.1         Memahami dan menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
3.2         Menganalisis data dan mengidentifikasi sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma dari suatu permasalahan dan menyelesaikannya
3.3         Memahami dan menerapkan konsep sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel dan memilih metode yang efektif untuk menentukan himpunan penyelesaiannya
3.4         Menganalisis nilai determinan dan menggambarkan kurva persamaan linier dan kuadrat dua variabel serta menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan yang diberikan
3.5         Memahami konsep sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel dan memilih metode yang efektif untuk menentukan himpunan penyelesaiannya
3.6         Menggambarkan dan menganalisis kurva pertidaksamaan kuadrat dua variabel pada sistem yang diberikan dan mengaksir daerah sebagai himpunan penyelesaiaanya
3.7         Memahami dan menerapkan konsep pertidaksamaan dan nilai mutlak dalam menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak
3.8         Memahami dan menerapkan konsep pertidaksamaan pecahan, irasional, dan mutlak dalam pemecahan masalah
3.9         Melakukan manipulasi aljabar dalam menerapkan konsep dan sifat-sifat pertidaksamaan peccahan, irrasional dan mutlak dalam menyelesaikan masalah matematika
3.10     Mengambar, menganalisis dan menafsirkan makna daerah penyelesaian pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak
Bidang Geometri
3.11     Memahami konsep dan aturan pada bidang datar serta menerapkannya dalam pembuktian sifat-sifat (simetris, sudut, dalil titik tengah segitiga, dalil intersep, dalil segmen garis, dll) dalam geometri bidang

Bidang Trigonometri
3.12     Memahami konsep persamaan Trigonometri dan membuktikan sifat-sifat persamaan Trigonometri sederhana dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
4.        Mengolah,  menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Bidang Aljabar
4.1         Menerapkan berbagai konsep dan prinsip eksponensial dan logaritma dalam memecahkan masalah nyata terkait pertumbuhan dan peluruhan
4.2         Mengolah data, menggunakan variabel dan menemukan relasi berupa fungsi eksponensial dan logaritma dari situasi masalah nyata serta menyelesaikannya
4.3         Menerapkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah nyata sebagai terapan konsep dan aturan penyelesaian sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel
4.4         Memanfaatkan informasi dari suatu permasalahan nyata, memilih variabel dan membuat model matematika berupa sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel dan mengiterpretasikan hasil penyelesaian sistem tersebut
4.5         Merancang dan mengajukan masalah nyata dan membuat model matematika berupa sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel serta menyajikan pemecahannya dengan berbagai cara

Bidang Geometri
4.6          Menyajikan data terkait objek nyata dan mengajukan masalah serta mengidentifikasi sifat-sifat (kesimetrian, sudut, dalil titik tengah segitiga, dalil intersep, dalil segmen garis, dll) geometri bidang datar yang bermanfaat dalam pemecahan masalah nyata tersebut

Bidang Trigonometri
4.7          Memanfaatkan informasi dari suatu permasalahan nyata, membuat model berupa fungsi dan persamaan Trigoniometri serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
4.8          Membangun strategi dengan melakukan manipulasi aljabar dalam persamaan Trigonometri untuk membuktikan kebenaran identitas Trigonometri serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kontekstual

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • kompetensi inti bidang studi peminatan matematika kelas X sma, kompetensi inti matematika kelas X, kurikulum 2013 SMA dan MA

0 comments:

Post a Comment

 
back to top