Friday, September 16, 2011

0 Transpor zat pada sel

Transpor zat pada sel digunakan untuk proses pengangkutan nutrisi pada makhluk hidup yang mempunyai sistem pengangkutan yang kompleks.
Macam - macam transpor zat secara umum adalah :
a. Difusi
  • Difusi adalah proses transpor zat dengan prinsip penyebaran molekul - molekul zat dari konsentrasi yang tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah. Proses penyebaran ini tidak terpengaruh oleh faktor konsentrasi larutan, tapi hanya diperlukan energi pengaktifan saja mirip dengan transpor aktif.
Proses pengankutan zat secara difusi melalui membran sel terdapat dua jenis, yaitu :
  • Difusi sederhana
Mekanismenya adalah zat tersangkut oleh membran gradien / membran yang konsentrasinya lebih tinggi ke gradien dengan membran yang mempunyai konsentrasi lebih
rendah dengan jumlah mulekul terbatas.

  • Difusi dengan fasilitas
Mekanismenya adalah zat yang tersalurkan melewati struktur tertentu yang menyerupai pori - pori membran dan disebut dengan zat karier ( pembawa). Prosesnya hampir sama dengan difusi haya saja zat yang melewati membran dibawa oleh zat karier, misalnya adalah ion ( Na+, K+) atau dengan memanfaatkan zat penyusun membran sel seperti protein. Protein karier akan melekat pada zat yang diangkut, kemudian proses pengangkutannya dapat dilakukan dengan cara berputar ( rotasi) melewati pori membran.

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • Biologi XI, difusi, Sel, Transpor membran

0 comments:

Post a Comment

 
back to top