Wednesday, November 16, 2011

0 LICHENES

Lichenes atau lumut kerak adalah organisme yang berbentuk thallus sebagai hasil simbiosis antara golongan jamur dengan algae. Golongan jamur yang membentuk Lichenes adalah kelas Basidiomycetes dan Ascomycetes. Sedangkan pasangan Algae simbionnya adalah dari golongan Chlorophyta dan Cyanophyta yang bersel satu. jamur mengadakan simbiosis dengan Algae karena jamur sendiri tidak dapat berfotosintesis sehingga mendapatkan nutrisi dari algae, sedangkan Alga bersimbiosis karena bersel satu dan sangat rentan terhadap perubahan lingkungan.
Dengan adanya simbiosis ini maka Lichenes dapat hidup pada habitat dimana makhluk hidup lain tidak mampu hidup, misalnya dibatu - batuan dan disebut sebagai tumbuhan perintis.
Berdasarkan bentuk thallusnya, Lichenes dapat dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu :
a. Tipe Foliose, yaitu thallusnya menyerupai lembaran atau memipih cukup lebar dan dapat dilepaskan dari substratnya. Misalnya Peltigera, Parmelia, Lobaria.

Parmelia
Peltigera

b. Tipe Fruticose yaitu thallusnya berbentuk silindris atau agak pipih dengan posisinya tegak atau menggantung pada suatu ranting tumbuhan lain, misal : Usnea, Cladonia, Ramalina.

Cladonia
Ramalina

c. Tipe Crustose yaitu thallusnya berbentuk pipih dan halus melekat dengan substratnya sehingga dilepaskan dari inangnya, misal Graphis

Graphis

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • Biologi X, bryophyta, lichenes, plantae, simbiosis, tipe lichenes

0 comments:

Post a Comment

 
back to top