RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu : .......... jam pelajaran
STANDAR KOMPETENSI :
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
KOMPETENSI DASAR :
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
I. Indikator
§ Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
§ Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
§ Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
§ Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
§ Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia
II. Tujuan
§ Melalui kajian pustaka dan diskusi siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya
§ Melalui kegiatan kajian pustaka dan diskusi, siswa mampu mengklasifikasikan tumbuhan berbiji ( spermatophyta) dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya
§ Melalui kegiatan pengamatan, siswa mampu menggambar struktur tubuh tumbuhan seperti akar, batang dan daun serta bunga dengan teliti
§ Malalui kegiatan pegamatan, siswa dapat menyebutkan bagian – bagian tubuh tumbuhan berbiji dengan teliti
§ Melalui kajian pustaka dan diskusi, siswa dapat mengumpulkan informasi tentang peran tumbuhan biji ( spermatophyta)
III. Materi Ajar
§ Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
§ Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
§ Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
§ Peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia
IV. Metode Pembelajaran
§ Pengamatan
§ Diskusi
§ Kajian pustaka
V. Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan awal (10 menit)
Apersepsi
§ Berdo’a
§ Motivasi
§ Guru meminta siswa menyebutkan contoh tumbuhan berbiji
B. Kegiatan inti (70 menit)
§ Kajian pustaka dan diskusi tentang ciri – ciri umum tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Kajian pustaka dan diskusi mengenai klasifikasi tumbuhan berbiji.
§ Guru meminta siswa membuat daftar tumbuhan berbiji
§ Mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok dengan teliti
§ Diskusi mengenai identifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
§ Guru membimbing siswa menyimpulkan hasil kegiatan belajar
§ Guru memberi tugas siswa untuk membawa contoh tumbuhan berbiji
VI. Alat / Bahan/ Sumber
§ Buku Biologi SMA kelas X, Bab VIII
§ Spesimen tumbuhan berbiji
VII. Penilaian
§ Uji kompetensi tertulis
§ Kisi – kisi dan instrumen penilaian sebagai berikut :
No | Indikator | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen |
1 | Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta) | Tes tertulis | uraian |
2 | Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta | Tes tertulis | Uraian |
Contoh instrumen penilaian bentuk tes uraian untuk indikator 1 dan 2 :
1. Sebutkan ciri dari tumbuhan berbiji ( Spermatophyta) !
2. Sebutkan klasifikasi dari Spermatophyta !
0 comments:
Post a Comment