Friday, January 20, 2012

0 CONTOH RPP BERKARAKTER BIOLOGI KELAS X SEMESTER II BAB SPERMATOPHYTA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2

Alokasi Waktu : .......... jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI :

3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

KOMPETENSI DASAR :

3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

I. Indikator

§ Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)

§ Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)

§ Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga

§ Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)

§ Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia

II. Tujuan

§ Melalui kajian pustaka dan diskusi siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya

§ Melalui kegiatan kajian pustaka dan diskusi, siswa mampu mengklasifikasikan tumbuhan berbiji ( spermatophyta) dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya

§ Melalui kegiatan pengamatan, siswa mampu menggambar struktur tubuh tumbuhan seperti akar, batang dan daun serta bunga dengan teliti

§ Malalui kegiatan pegamatan, siswa dapat menyebutkan bagian – bagian tubuh tumbuhan berbiji dengan teliti

§ Melalui kajian pustaka dan diskusi, siswa dapat mengumpulkan informasi tentang peran tumbuhan biji ( spermatophyta)

III. Materi Ajar

§ Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)

§ Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)

§ Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)

§ Peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia

IV. Metode Pembelajaran

§ Pengamatan

§ Diskusi

§ Kajian pustaka

V. Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

A. Kegiatan awal (10 menit)

Apersepsi

§ Berdo’a

§ Motivasi

§ Guru meminta siswa menyebutkan contoh tumbuhan berbiji

B. Kegiatan inti (70 menit)

§ Kajian pustaka dan diskusi tentang ciri – ciri umum tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.

§ Kajian pustaka dan diskusi mengenai klasifikasi tumbuhan berbiji.

§ Guru meminta siswa membuat daftar tumbuhan berbiji

§ Mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok dengan teliti

§ Diskusi mengenai identifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

§ Guru membimbing siswa menyimpulkan hasil kegiatan belajar

§ Guru memberi tugas siswa untuk membawa contoh tumbuhan berbiji

VI. Alat / Bahan/ Sumber

§ Buku Biologi SMA kelas X, Bab VIII

§ Spesimen tumbuhan berbiji

VII. Penilaian

§ Uji kompetensi tertulis

§ Kisi – kisi dan instrumen penilaian sebagai berikut :

No

Indikator

Teknik

Penilaian

Bentuk

Instrumen

1

Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)

Tes tertulis

uraian

2

Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta

Tes tertulis

Uraian

Contoh instrumen penilaian bentuk tes uraian untuk indikator 1 dan 2 :

1. Sebutkan ciri dari tumbuhan berbiji ( Spermatophyta) !

2. Sebutkan klasifikasi dari Spermatophyta !

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • RPP berkarakter biologi kelas X bab Spermatophyta, RPP berkarakter biologi SMA

0 comments:

Post a Comment

 
back to top