Friday, January 20, 2012

0 CONTOH RPP BERKARAKTER KELAS X SEMESTER II BAB PTERYDOPHYTA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2

Alokasi Waktu :..................... jam pelajaran

A. Standar Kompetensi :

3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

B. Kompetensi Dasar :

3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

C. Tujuan

Ø Melaluikajian pustaka siswa dapat mendeskripsikan ciri tumbuhan paku ( Pterydophyta) dengan teliti dan bertanggung jawab

Ø Melalui diskusi dan kajian pustaka siswa dapat mengklasifikasikan tumbuhan Paku ( Pterydophyta) dengan penuh rasa tanggung jawab

Ø Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat menggambarkan struktur tubuh tumbuhan paku ( Pterydophyta) dengan jujur

Ø Melalui kajian pustaka, siswa dapat menggambarkan siklus hidup tumbuhan paku dengan teliti

Ø Melalui kajian pustaka dan diskusi siswa dapat menjelskan peranan paku ( Pterydophyta) bagi manusia

D. Indikator

Ø Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)

Ø Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)

Ø Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan

Ø Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)

Ø Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia

E. Materi Ajar

Ø Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)

Ø Klasifikasi tumbuhan paku (Pteridophyta)

Ø Struktur tubuh tumbuhan paku (Pteridophyta)

Ø Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)

Ø Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia

F. Metode Pembelajaran

Ø Pengamatan

Ø Diskusi

Ø Kajian pustaka

G. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

A. kegiatan awal (10 menit)

Apersepsi

ü berdo’a

Motivasi :

ü Guru membawa contoh tumbuhan Paku dan memperlihatkan pada siswa lalu menanyakan ’ dimana kalian menemui tanaman ini?’

B. Kegiatan inti (70 menit)

Ø Siswa diminta membaca materi tentang ciri – ciri tumbuhan paku ( Pterydophyta) dengan teliti

Ø Siswa diminta membaca materi tentang klasifikasi tumbuhan paku ( Pterydophyta) dengan teliti

Ø Diskusi mengenai klasifikasi tumbuhan paku ( Pterydophyta ) dengan bimbingan guru dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya

C. Kegiatan akhir (10 menit)

Ø Menyimpulkan kegiatan belajar hari itu

Ø Guru memberi tugas siswa untuk membawa tumbuhan paku pada pertemuan selanjutnya

Pertemuan 2

A. Kegiatan awal

Apersepsi

Ø Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.

B. Kegiatan Inti

Ø Siswa melakukan kegiatan pnegamatan struktur tumbuhan paku ( Pterydophyta) dengan ketelitian

Ø Siswa melakukan diskusi untuk menyusun laporan hasil pengamatan dengan memberi kesempatan orang lain untuk mengemukakan pendapatnya

Ø Siswa mempresentasikan hasil pengamatan tumbuhan paku ( Pterydophyta) dan memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya

Ø Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.

Ø Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.

C. Kegiatan Akhir

Ø Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.

Ø Guru memberikan apresiasi pada siswa yang aktif dalam kegatan pengamatan dan diskusi

H. Alat/ Bahan/ Sumber

Ø Buku Biologi SMA kelas X semester II

Ø Spesimen tumbuhan paku

I. Penilaian

Ø Laporan hasil pengamatan

Ø Uji kompetensi tertulis

Ø Kisi – kisi dan instrumen penilaian sebagai berikut :

No

Indikator

Teknik

Penilaian

Bentuk

Instrumen

1

Menjelaskan ciri umum dunia tumbuhan

Tes tertulis

Uraian

2

Menjelaskan ciri – ciri tumbuhan paku

Tes tertulis

Uraian

3

Menggambarkan struktur tubuh tumbuhan paku

Tes kinerja

Tes uji petik kerja

4

Mempresentasikan hasil pengamatan dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengmukakan pendapatnya

Tes kinerja

Lembar observasi

5

Menjelaskan siklus hidup tumbuhan paku

Tes tertulis

Uraian

6

Menjelaskan peran tumbuhan paku bagi manusia

Tes tertulis

Uraian

UJI PETIK KERJA

Lembar tes unjuk kerja untukmenilai kinerja peserta didik ” menggambarkan struktur tumbuhan paku

Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan

Skor 0 : apabila tidak dilakukan

Pada kolom karakter :

BT = belum terlihat

MT = mulai terlihat

MK = mulai berkembang

MB = mulai membudaya

No

Aspek yang dinilai

Dilakukan

Karakter

Ya

Tidak

1

Membawa tumbuha paku yang dimaksud dengan benar

2

Menggambar tumbuhan paku sesuai dengan bentuk aslinya

3

Menyebutkan bagian – bagiannya dengan benar

Jumlah Skor

Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 %

LEMBAR OBSERVASI

Lembar observasi untuk menilai karakter kedemokratisan ” memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya dan karakter lain yang berkembang pada kegiatan presentasi hasil pengamatan ”

Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan

Skor 0 : apabila tidak dilakukan

Pada kolom karakter :

BT = belum terlihat

MT = mulai terlihat

MK = mulai berkembang

MB = mulai membudaya

No

Aspek yang dinilai

Dilakukan

Karakter

Ya

Tidak

1

Menyampaikan hasil pengamatan dengan jujur

2

Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka

3

Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional

Jumlah Skor

Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 %

RPP ini hanyalah contoh, jadi teman - teman bisa mengembangkannya menjadi lebih sempurna.

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • RPP berkarakter kelas X semester II bab Pterydophyta, rpp kelas X semester 2

0 comments:

Post a Comment

 
back to top