RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu :..................... jam pelajaran
A. Standar Kompetensi :
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
B. Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
C. Tujuan
Ø Melaluikajian pustaka siswa dapat mendeskripsikan ciri tumbuhan paku ( Pterydophyta) dengan teliti dan bertanggung jawab
Ø Melalui diskusi dan kajian pustaka siswa dapat mengklasifikasikan tumbuhan Paku ( Pterydophyta) dengan penuh rasa tanggung jawab
Ø Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat menggambarkan struktur tubuh tumbuhan paku ( Pterydophyta) dengan jujur
Ø Melalui kajian pustaka, siswa dapat menggambarkan siklus hidup tumbuhan paku dengan teliti
Ø Melalui kajian pustaka dan diskusi siswa dapat menjelskan peranan paku ( Pterydophyta) bagi manusia
D. Indikator
Ø Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
Ø Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
Ø Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
Ø Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
Ø Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia
E. Materi Ajar
Ø Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
Ø Klasifikasi tumbuhan paku (Pteridophyta)
Ø Struktur tubuh tumbuhan paku (Pteridophyta)
Ø Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
Ø Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia
F. Metode Pembelajaran
Ø Pengamatan
Ø Diskusi
Ø Kajian pustaka
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. kegiatan awal (10 menit)
Apersepsi
ü berdo’a
Motivasi :
ü Guru membawa contoh tumbuhan Paku dan memperlihatkan pada siswa lalu menanyakan ’ dimana kalian menemui tanaman ini?’
B. Kegiatan inti (70 menit)
Ø Siswa diminta membaca materi tentang ciri – ciri tumbuhan paku ( Pterydophyta) dengan teliti
Ø Siswa diminta membaca materi tentang klasifikasi tumbuhan paku ( Pterydophyta) dengan teliti
Ø Diskusi mengenai klasifikasi tumbuhan paku ( Pterydophyta ) dengan bimbingan guru dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya
C. Kegiatan akhir (10 menit)
Ø Menyimpulkan kegiatan belajar hari itu
Ø Guru memberi tugas siswa untuk membawa tumbuhan paku pada pertemuan selanjutnya
Pertemuan 2
A. Kegiatan awal
Apersepsi
Ø Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B. Kegiatan Inti
Ø Siswa melakukan kegiatan pnegamatan struktur tumbuhan paku ( Pterydophyta) dengan ketelitian
Ø Siswa melakukan diskusi untuk menyusun laporan hasil pengamatan dengan memberi kesempatan orang lain untuk mengemukakan pendapatnya
Ø Siswa mempresentasikan hasil pengamatan tumbuhan paku ( Pterydophyta) dan memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya
Ø Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
Ø Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.
C. Kegiatan Akhir
Ø Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.
Ø Guru memberikan apresiasi pada siswa yang aktif dalam kegatan pengamatan dan diskusi
H. Alat/ Bahan/ Sumber
Ø Buku Biologi SMA kelas X semester II
Ø Spesimen tumbuhan paku
I. Penilaian
Ø Laporan hasil pengamatan
Ø Uji kompetensi tertulis
Ø Kisi – kisi dan instrumen penilaian sebagai berikut :
No | Indikator | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen |
1 | Menjelaskan ciri umum dunia tumbuhan | Tes tertulis | Uraian |
2 | Menjelaskan ciri – ciri tumbuhan paku | Tes tertulis | Uraian |
3 | Menggambarkan struktur tubuh tumbuhan paku | Tes kinerja | Tes uji petik kerja |
4 | Mempresentasikan hasil pengamatan dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengmukakan pendapatnya | Tes kinerja | Lembar observasi |
5 | Menjelaskan siklus hidup tumbuhan paku | Tes tertulis | Uraian |
6 | Menjelaskan peran tumbuhan paku bagi manusia | Tes tertulis | Uraian |
UJI PETIK KERJA
Lembar tes unjuk kerja untukmenilai kinerja peserta didik ” menggambarkan struktur tumbuhan paku
Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan
Skor 0 : apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter :
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No | Aspek yang dinilai | Dilakukan | Karakter | |
Ya | Tidak | |||
1 | Membawa tumbuha paku yang dimaksud dengan benar |
|
|
|
2 | Menggambar tumbuhan paku sesuai dengan bentuk aslinya |
|
|
|
3 | Menyebutkan bagian – bagiannya dengan benar |
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
| |
Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 % |
LEMBAR OBSERVASI
Lembar observasi untuk menilai karakter kedemokratisan ” memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya dan karakter lain yang berkembang pada kegiatan presentasi hasil pengamatan ”
Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan
Skor 0 : apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter :
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No | Aspek yang dinilai | Dilakukan | Karakter | |
Ya | Tidak | |||
1 | Menyampaikan hasil pengamatan dengan jujur |
|
|
|
2 | Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka |
|
|
|
3 | Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional |
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
| |
Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 % |
RPP ini hanyalah contoh, jadi teman - teman bisa mengembangkannya menjadi lebih sempurna.
0 comments:
Post a Comment