Friday, January 20, 2012

1 CONTOH RPP BERKARAKTER BIOLOGI KELAS X SEMESTER II BAB ARTHROPODA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi

1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar

3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

Indikator

§ Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan

§ Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan

§ Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan

§ Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan

Tujuan

§ Melalui kajian pustaka dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan ciri umum kingdom animalia dengan tekun dan bertanggung jawab

§ Melalui kegiatan kajian pustaka dan diskusi, siswa dapat menjelaksan dasar – dasar klasifikasi dunia hewan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya

§ Melalui kegiatan kajian pustaka dan diskusi, siswa dapat membandingkan ciri – ciri umum masing – masing filum dalam dunia hewan dengan tekun dan bertanggung jawab

§ Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat mendeskripsikan ciri Arthropoda dengan teliti

I. Materi Ajar

§ Ciri umum dunia hewan

§ Dasar klasifikasi dunia hewan

§ Klasifikasi dunia hewan

II. Metode Pembelajaran

§ Pengamatan

§ Diskusi

§ Kajian pustaka

III. Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

A. Kegiatan awal (10 menit)

Apersepsi

§ Berdo’a

Motivasi

§ Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.

B. Kegiatan inti (80 menit)

§ Siswa melakukan kegiatan kajian pustaka untuk mendapatkan informasi mengenai dskripsi ciri umum Dunia Hewan dengan tekun

§ Guru membimbing siswa dalam kegiatan diskusi untuk mendeskripsikan ciri umum Dunia Hewan dengan menyajikan informasi tahap demi tahap

§ Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.

§ Guru membimbing siswa untuk mengkomunikasikan hasil kajian pustaka dan diskusi dalam bentuk tabel

C. Kegiatan akhir (5 menit)

§ Guru beserta siswa meyimpulkan hasil kegiatan belajar

§ Guru memberi tugas pada siswa untuk membawa salah satu contoh Filum Arthropoda yaitu belalang , udang untuk kegiatan praktikum

Pertemuan 2 (2 X 45 menit)

A. Kegiatan awal

Apersepsi

§ Berdo’a

Motivasi

§ Ciri apa yang dapat kamu sebutkan dari contoh hewan yang kamu bawa?

B. Kegiatan Inti

§ Guru mendemonstrasikan kegiatan mengamati Filum Arthropoda , dengan menyajikan informasi tahap demi tahap

§ Siswa melakukan kegiatan pengamatan sesuai dengan urutan langkah yang dicontohkan oleh guru dengan benar

§ Siswa berdiskusi untuk menyusun hasil laporan kegiatan pengamatan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya

§ Siswa mempresentasikan hasil pengamatan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya

C. Kegiatan Akhir

§ Siswa dengan dibimbing oleh guru menyimpulkan ciri yang dimiliki oleh Arthropoda

§ Guru memberikan penghargan pada siswa yang berperan aktif dalam kegiatan pengamatan, diskusi dan presentasi

IV. Alat / Bahan/ Sumber

§ Buku Kerja Biologi IB

§ Buku Biologi SMA kelas X

§ Belalang, udang

V. Penilaian

§ Laporan hasil pengamatan

§ Uji kompetensi tertulis

§ Kisi – kisi dan instrumen penilaian adalah sebagai berikut :

No

Indikator

Teknik

Penilaian

Bentuk

Instrumen

1

Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan

Tes tertulis

Uraian

2

Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan

Tes tertulis

Uraian

3

Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan

Tes tertulis

Uraian

4

Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan secara teliti

Tes kinerja

Tes uji petik

Lembar Penilaian I : untuk mengukur indikator 1,2,dan 3

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !

1. Sebutkan ciri umum dari Kongdom Animalia !

2. Sebutkan dasar yang digunakan untuk membagi Kongdom Animalia menjadi beberapa Filum!

3. Jelaskan ciri – ciri yanng dimiliki oleh Porifera !

Lembar penilaian 2 :

Tes uji petik kerja untuk menilai kinerja peserta didik ” Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan ” secara teliti

Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan

Skor 0 : apabila tidak dilakukan

Pada kolom karakter :

BT = belum terlihat

MT = mulai terlihat

MK = mulai berkembang

MB = mulai membudaya

No

Aspek yang dinilai

Dilakukan

Karakter

Ya

Tidak

1

Membawa contoh Arthropoda dengan benar dan masih lengkap organ tubuhnya

2

Menggambar Belalang/udang sesuai dengan aslinya dengan tepat

3

Menyebutkan bagian – bagiannya dengan benar

Jumlah Skor

Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 %

LEMBAR OBSERVASI

Lembar observasi untuk menilai karakter kedemokratisan ” memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya dan karakter lain yang berkembang pada kegiatan presentasi hasil pengamatan ”

Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan

Skor 0 : apabila tidak dilakukan

Pada kolom karakter :

BT = belum terlihat

MT = mulai terlihat

MK = mulai berkembang

MB = mulai membudaya

No

Aspek yang dinilai

Dilakukan

Karakter

Ya

Tidak

1

Menyampaikan hasil pengamatan dengan jujur

2

Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka

3

Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional

Jumlah Skor

Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 %

RPP ini hanyalah contoh tentunya masih banyak kekurangan, silahkan teman - teman menyempurnakannya sendiri sesuai dengan kondisi sekolah masing - masing

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • Contoh RPP berkarakter biologi kelas X semester II, RPP berkarakter kelas X semester II bab Arthropoda

1 comments:

Yuki said...

Thanks atas postingannya. Sangat membantu :)

Post a Comment

 
back to top