RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi
1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Indikator
§ Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
§ Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
§ Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
§ Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan
Tujuan
§ Melalui kajian pustaka dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan ciri umum kingdom animalia dengan tekun dan bertanggung jawab
§ Melalui kegiatan kajian pustaka dan diskusi, siswa dapat menjelaksan dasar – dasar klasifikasi dunia hewan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya
§ Melalui kegiatan kajian pustaka dan diskusi, siswa dapat membandingkan ciri – ciri umum masing – masing filum dalam dunia hewan dengan tekun dan bertanggung jawab
§ Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat mendeskripsikan ciri Arthropoda dengan teliti
I. Materi Ajar
§ Ciri umum dunia hewan
§ Dasar klasifikasi dunia hewan
§ Klasifikasi dunia hewan
II. Metode Pembelajaran
§ Pengamatan
§ Diskusi
§ Kajian pustaka
III. Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan awal (10 menit)
Apersepsi
§ Berdo’a
Motivasi
§ Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B. Kegiatan inti (80 menit)
§ Siswa melakukan kegiatan kajian pustaka untuk mendapatkan informasi mengenai dskripsi ciri umum Dunia Hewan dengan tekun
§ Guru membimbing siswa dalam kegiatan diskusi untuk mendeskripsikan ciri umum Dunia Hewan dengan menyajikan informasi tahap demi tahap
§ Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
§ Guru membimbing siswa untuk mengkomunikasikan hasil kajian pustaka dan diskusi dalam bentuk tabel
C. Kegiatan akhir (5 menit)
§ Guru beserta siswa meyimpulkan hasil kegiatan belajar
§ Guru memberi tugas pada siswa untuk membawa salah satu contoh Filum Arthropoda yaitu belalang , udang untuk kegiatan praktikum
Pertemuan 2 (2 X 45 menit)
A. Kegiatan awal
Apersepsi
§ Berdo’a
Motivasi
§ Ciri apa yang dapat kamu sebutkan dari contoh hewan yang kamu bawa?
B. Kegiatan Inti
§ Guru mendemonstrasikan kegiatan mengamati Filum Arthropoda , dengan menyajikan informasi tahap demi tahap
§ Siswa melakukan kegiatan pengamatan sesuai dengan urutan langkah yang dicontohkan oleh guru dengan benar
§ Siswa berdiskusi untuk menyusun hasil laporan kegiatan pengamatan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya
§ Siswa mempresentasikan hasil pengamatan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya
C. Kegiatan Akhir
§ Siswa dengan dibimbing oleh guru menyimpulkan ciri yang dimiliki oleh Arthropoda
§ Guru memberikan penghargan pada siswa yang berperan aktif dalam kegiatan pengamatan, diskusi dan presentasi
IV. Alat / Bahan/ Sumber
§ Buku Kerja Biologi IB
§ Buku Biologi SMA kelas X
§ Belalang, udang
V. Penilaian
§ Laporan hasil pengamatan
§ Uji kompetensi tertulis
§ Kisi – kisi dan instrumen penilaian adalah sebagai berikut :
No | Indikator | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen |
1 | Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan | Tes tertulis | Uraian |
2 | Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan | Tes tertulis | Uraian |
3 | Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan | Tes tertulis | Uraian |
4 | Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan secara teliti | Tes kinerja | Tes uji petik |
Lembar Penilaian I : untuk mengukur indikator 1,2,dan 3
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Sebutkan ciri umum dari Kongdom Animalia !
2. Sebutkan dasar yang digunakan untuk membagi Kongdom Animalia menjadi beberapa Filum!
3. Jelaskan ciri – ciri yanng dimiliki oleh Porifera !
Lembar penilaian 2 :
Tes uji petik kerja untuk menilai kinerja peserta didik ” Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan ” secara teliti
Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan
Skor 0 : apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter :
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No | Aspek yang dinilai | Dilakukan | Karakter | |
Ya | Tidak | |||
1 | Membawa contoh Arthropoda dengan benar dan masih lengkap organ tubuhnya |
|
|
|
2 | Menggambar Belalang/udang sesuai dengan aslinya dengan tepat |
|
|
|
3 | Menyebutkan bagian – bagiannya dengan benar |
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
| |
Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 % |
LEMBAR OBSERVASI
Lembar observasi untuk menilai karakter kedemokratisan ” memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya dan karakter lain yang berkembang pada kegiatan presentasi hasil pengamatan ”
Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan
Skor 0 : apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter :
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No | Aspek yang dinilai | Dilakukan | Karakter | |
Ya | Tidak | |||
1 | Menyampaikan hasil pengamatan dengan jujur |
|
|
|
2 | Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka |
|
|
|
3 | Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional |
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
| |
Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 % |
RPP ini hanyalah contoh tentunya masih banyak kekurangan, silahkan teman - teman menyempurnakannya sendiri sesuai dengan kondisi sekolah masing - masing
1 comments:
Thanks atas postingannya. Sangat membantu :)
Post a Comment