KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/ MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
1.2
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3 menunjukkan
penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi penghargaan pada orang yang menjual makanan sehat tanpa campuran
zat aditif yang berbahaya
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1 Memahami gerak
lurus, pengaruh gaya terhadap gerak, serta penerapannya pada gerak makhluk
hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
3.2
Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari serta pada sistem rangka manusia dan hewan
3.3 Mendeskripsikan tentang
sifat material dan konsep gaya yang digunakan dalam konstruksi bangunan,
serta pengaruh material tertentu terhadap kesehatan manusia
3.4
Memahami sifat fluida dan
menerapkannya untuk menjelaskan transportasi darah dalam sistem peredaran
darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan osmosis, difusi pada
peristiwa respirasi serta penerapan dalam kehidupan sehari-hari
3.5
Memahami konsep getaran,
gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada
hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
3.6
Mendeskripsikan sifat-sifat
cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan
manusia, struktur mata pada hewan, dan prinsip kerja alat optik
3.7
Menjelaskan keterkaitan
struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam
teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
3.8 Mendeskripsikan
sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem
peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
3.9
Mengenal konsep listrik
statis, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf,
kelistrikan pada jantung, kelistrikan tulang, dan hewan-hewan yang mengandung
listrik
3.10
Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam
makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika
serta pengaruhnya terhadap kesehatan
3.11
Memahami reproduksi pada
tumbuhan, hewan, dan manusia, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk
hidup
3.12
Mendeskripsikan penyebab
perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
3.13
Memahami struktur bumi untuk
menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta kaitannya dengan
keragaman batuan dan mineral di beberapa daerah
3.14 Mendeskripsikan
karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam
ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh
radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
3.15 Mendeskripsikan
gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang
dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim
serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1 Melakukan
penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang
pengaruh gaya terhadap gerak
3.2
Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada
pesawat sederhana
4.2 Membuat proyek miniatur jembatan atau bangunan dengan
memanfaatkan konsep gaya
4.3 Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan
cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas, dan tekanan cairan
pada ruang tertutup
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki transport
cairan dalam batang tumbuhan
4.5 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang
pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
4.6 Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan
listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
4.7 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada
tumbuhan
3.3
Melakukan pengamatan terhadap
struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang
terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
3.4 Melakukan
penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
4.8 Menyajikan
data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari
terjadinya penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat
adiktif-psikotropika
4.9 Membuat
laporan tentang sumber daya alam berupa unsur atau senyawa kimia yang ada di
Indonesia
4.10 Menyajikan
informasi berdasarkan pengolahan data fenomena gempa bumi dan gunung api di
Indonesia
4.11 Menyajikan
laporan hasil pengamatan atau penelusuran informasi tentang karakteristik
komponen tata surya
|
0 comments:
Post a Comment