KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/ MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia
dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya
1.2
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu
dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam memilih penggunaan bahan kimia untuk menjaga
kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan penghargaan
kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada
pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari
observasi, serta pentingnyaperumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran
3.2
Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari
benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.3
Memahami prosedur
pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian
kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda
tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
3.4
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan
kimia utama penyusun sel
3.5
Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan
kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari (misalnya
pemisahan campuran)
3.6
Mengenal konsep energi,
berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam sel,
metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
3.7
Memahami konsep suhu,
pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga
kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan
sehari-hari
3.8
Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan
lingkungannya
3.9
Mendeskripsikan pencemaran
dan dampaknya bagi makhluk hidup
3.10 Mendeskripsikan
tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Menyajikan hasil
pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan
fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
4.2
Menyajikan hasil analisis
data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
4.3
Mengumpulkan
data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang
ada di lingkungan sekitar
4.4
Membuat dan menyajikan
poster tentang sel dan bagian-bagiannya
4.5
Melakukan pemisahan
campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
4.6
Melakukan
percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
4.7
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan
perubahan wujud benda
4.8
Melakukan
penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi,
konveksi, dan radiasi
4.9
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
4.10
Melakukanpengamatan
dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur mikro tumbuhan dan hewan
4.11
Melakukan penyelidikan
untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan
indikator buatan maupun alami
4.12
Menyajikan hasil
observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4.13
Menyajikan
data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan
penanggulangan masalah
|
0 comments:
Post a Comment