KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya
|
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta
damai, responsif dan proaktif dalam melakukan
percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memerinci
prosedur keselamatan kerja dan biosafety sederhana di laboratorium Biologi
secara disiplin dan bertanggung jawab
3.2 Mengidentifikasi
ruang lingkup biologi berdasarkan objek dan permasalahannya pada berbagai
tingkat organisasi kehidupan
3.3 Mendeskripsikan
ciri-ciri, replikasi dan peran virus bagi kehidupan
3.4 Mengidentifikasi
ciri-ciri archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi
kehidupan berdasarkan percobaan secara
teliti dan sistematis
3.5 Mengidentifikasi
ciri-ciri umum filum dalam kingdom protista dan perannya bagi kehidupan
berdasarkan pengamatan
3.6 Mengelompokkan
jenis-jenis jamur berdasarkan ciri-ciri dan perannya bagi kehidupan
melalui percobaan
3.7 Mendeskripsikan
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan
3.8 Mendeskripsikan
keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan
sumber daya alam
3.9 Mendeskripsikan
ciri-ciri Divisio dalam dunia tumbuhan
dan perannya bagi kelangsungan hidup di bumi
3.10 Mendeskripsikan
ciri-ciri Filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan
3.11 Mendeskripsikan
peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta
pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
3.12 Mengidentifikasi jenis-jenis
limbah dan daur ulang limbah serta membuat produk daur ulang limbah
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menerapkan
prosedur keselamatan kerja di laboratorium dan biosafety sederhana dalam
melakukan praktek biologi di laboratorium secara disiplin, cermat dan
bertanggung jawab
4.2 Membuat desain
penelitian tentang suatu objek biologi dan permasalahannya pada tingkat
organisasi kehidupan tertentu
4.3 Melakukan
observasi untuk mengidentifikasi objek, permasalahan, produk dan profesi berbasis biologi dan menyajikan data hasil
observasinya dalam bentuk tabel
4.4 Membuat usulan
tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus (HIV, SARS,
Herpes , dll.) pada manusia
dan menjelaskan peran virus dalam rekayasa genetika
4.5 Merancang model
dan menyajikan replikasi Virus
4.6 Melakukan
percobaan pengamatan koloni bakteri pada medium buatan dari berbagai lokasi
(ruang terbuka, tempat lembab, lingkungan bersih) dan menghubungkannya dengan
penanggulanggannya menggunakan desinfektan, sabun, antis, karbol, dan
lain-lain serta melaporkannya dalam bentuk laporan
4.7 Mengamati
berbagai jenis jamur melalui pengamatan langsung atau gambar dan
mengelompokkannya berdasarkan ciri atau perannya bagi kehidupan
4.8 Membuat kultur paramaecium
dan membuat gambar hasil pengamatannya dengan mikroskop
4.9 Mengelompokkan
berbagai jenis mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem dari
berbagai objek dan atau menggunakan gambar
4.10 Mencari data
ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia
dan menyusun hasilnya dalam bentuk laporan
4.11 Melakukan
pengamatan berbagai jenis tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan
mengelompokkan menurut ciri Divisionya serta menyusun laporan
4.12 Mengidentifikasi
ciri dan kompleksitas sistem dari berbagai jenis hewan invertebrata melalui
pengamatan objek/gambar dan menyajikannya dalam bentuk tabel
4.13 Melakukan
pengamatan berbagai jenis hewan vertebrata untuk memahami ciri-cirinya dan
membandingkan kompleksitas pada
berbagai sitem organnya
4.14 Melakukan
pengamatan pada suatu ekosistem dan mengidentifikasi komponen-komponen
penyusunnya serta menggambarkan hubungan antar komponen dan kaitannya dengan
aliran energi
4.15 Membuat charta
daur biogeokimia (siklus Nitrogen/ siklus karbon/siklus Sulfur/siklus Pospor)
dari hasil kajian literatur
4.16 Membuat produk
daur ulang limbah yang dapat bermanfaat bagi kehidupan
|
Sunday, March 31, 2013
0 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA), kelas X
About the Author
Author info. Search this text in your template code and replace it.
- kompetensi inti bidang studi peminatan matematikabiologi kelas X SMA dan MA, kompetensi inti biologi kelas X, kurikulum 2013 SMA dan MA
0 comments:
Post a Comment