Sunday, March 31, 2013

0 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA), kelas X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1      Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan  Biologi menurut agama yang dianutnya
2.  Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1  Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas

3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah




3.1    Memerinci prosedur keselamatan kerja dan biosafety sederhana di laboratorium Biologi secara disiplin dan bertanggung jawab
3.2    Mengidentifikasi ruang lingkup biologi berdasarkan objek dan permasalahannya pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
3.3    Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus bagi kehidupan
3.4    Mengidentifikasi ciri-ciri archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan  berdasarkan percobaan secara teliti dan sistematis
3.5    Mengidentifikasi ciri-ciri umum filum dalam kingdom protista dan perannya bagi kehidupan berdasarkan pengamatan
3.6    Mengelompokkan jenis-jenis jamur berdasarkan ciri-ciri dan perannya bagi kehidupan melalui  percobaan
3.7    Mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan
3.8    Mendeskripsikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
3.9    Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio  dalam dunia tumbuhan dan perannya bagi kelangsungan hidup di bumi
3.10  Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan
3.11  Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
3.12  Mengidentifikasi jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah serta membuat produk daur ulang limbah
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

4.1   Menerapkan prosedur keselamatan kerja di laboratorium dan biosafety sederhana dalam melakukan praktek biologi di laboratorium secara disiplin, cermat dan bertanggung jawab
4.2   Membuat desain penelitian tentang suatu objek biologi dan permasalahannya pada tingkat organisasi kehidupan tertentu
4.3   Melakukan observasi untuk mengidentifikasi objek, permasalahan, produk dan profesi  berbasis biologi dan menyajikan data hasil observasinya dalam bentuk tabel
4.4   Membuat usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus (HIV, SARS, Herpes , dll.) pada manusia dan menjelaskan peran virus dalam rekayasa genetika
4.5   Merancang model dan menyajikan replikasi Virus
4.6   Melakukan percobaan pengamatan koloni bakteri pada medium buatan dari berbagai lokasi (ruang terbuka, tempat lembab, lingkungan bersih) dan menghubungkannya dengan penanggulanggannya menggunakan desinfektan, sabun, antis, karbol, dan lain-lain serta melaporkannya dalam bentuk laporan
4.7   Mengamati berbagai jenis jamur melalui pengamatan langsung atau gambar dan mengelompokkannya berdasarkan ciri atau perannya bagi kehidupan
4.8   Membuat kultur paramaecium dan membuat gambar hasil pengamatannya dengan mikroskop
4.9   Mengelompokkan berbagai jenis mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai objek dan atau menggunakan gambar
4.10 Mencari data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia dan menyusun hasilnya dalam bentuk laporan
4.11 Melakukan pengamatan berbagai jenis tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan mengelompokkan menurut ciri Divisionya serta menyusun laporan
4.12 Mengidentifikasi ciri dan kompleksitas sistem dari berbagai jenis hewan invertebrata melalui pengamatan objek/gambar dan menyajikannya dalam bentuk tabel
4.13 Melakukan pengamatan berbagai jenis hewan vertebrata untuk memahami ciri-cirinya dan membandingkan  kompleksitas pada berbagai sitem organnya
4.14 Melakukan pengamatan pada suatu ekosistem dan mengidentifikasi komponen-komponen penyusunnya serta menggambarkan hubungan antar komponen dan kaitannya dengan aliran energi
4.15 Membuat charta daur biogeokimia (siklus Nitrogen/ siklus karbon/siklus Sulfur/siklus Pospor) dari hasil kajian literatur
4.16 Membuat produk daur ulang limbah yang dapat bermanfaat bagi kehidupan

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • kompetensi inti bidang studi peminatan matematikabiologi kelas X SMA dan MA, kompetensi inti biologi kelas X, kurikulum 2013 SMA dan MA

0 comments:

Post a Comment

 
back to top