Sunday, March 31, 2013

0 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA (PEMINATAN) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA), kelas IX

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


2.    Mengembangkan perilaku(jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramahlingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Bidang Aljabar
2.1         Melatih diri bersikap konsisten dan jujur dalam menerapkan berbagai konsep dan sifat polinomial dalam memecahkan masalah matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata kehidupan

Bidang Geometri
2.2          Memiliki dan menunjukkan rasa ingin tahu dan bersifat kritis dalam memahami konsep, menurunkan aturan dan sifat irisan kerucut (parabola, hiperbola dan ellips) dan secara konsisten diterapkan dalam pemecahan masalah nyata kehidupan
2.3          Menunjukkan kemampuan berkolaborasi terhadap teman dan guru dalam menganalisis sifat-sifat irisan dua lingkaran dan menerapkannya dalam konteks nyata kehidupan

Bidang Statistik
2.4         Menunjukkan perilaku jujur dalam melakukan percobaan acak dan melaporkannya
2.5         Menunjukkan perilaku realistis dalam menafsirkan kesimpulan yang ditarik dari uji hipotesis yang mungkin tidak sesuai dengan yang perkiraan dan harapan
2.6         Menunjukkan rasa ingin tahu dan merasakan manfaat bekerjasama dalam menerapkan distrimbusi binomial dalam pemecahan masalah nyata

Bidang Kalkulus
2.7         Memiliki perilaku konsisten dalam menganalisis dan menerapkan konsep dan aturan limit fungsi trigonometri dan fungsi aljabar ke takhinggaan dalam berbagai pembuktian sifat dan menyelesaikan masalah
2.8         Menunjukkan sikap percaya diri dan tangguh menghadapi masalah terkait turunan fungsi trigonometri
2.9         Menunjukkan kemampuan bekerjasama dalam memecahkan masalah sebagai terapan garis singgung kurva dalam menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar



3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Bidang Aljabar
3.1          Memahami konsep dan menurunkan sifat operasi aljabar pada polinomial dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah
3.2          Memahami aturan perkalian dan pembagian polinomial dan menerapkan teorema sisa dan dan pemfaktoran polinomial dalam menyelesaikan masalah matematika

Bidang Geometri
3.3          Menganalisis konsep dan membuktikan sifat-sifat irisan kerucut (parabola, hiperbola, dan ellips) dan menerapkannya dalam pembuktian dan menyelesaikan masalah matematika dan bidang ilmu lain
3.4          Memahami hubungan garis direktis, titik fokus dan titik-titik pada kurva parabola, hiperbola, dan ellips dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
3.5          Menganalisis data terkait unsur-unsur parabola, hiperbola dan ellips dan mengambar kurvanya serta mengidentifikasi sifat-sifatnya
3.6          Memahami konsep lingkaran dan menganalisis sifat-sifat irisan dua lingkaran dan menerapkannya dalam memecahkan masalah

Bidang Statistika
3.7          Memahami penarikan sampel acak dari suatu populasi dari sekumpulan objek atau kejadian sehari-hari
3.8          Memahami konsep variabel acak dan merumuskan fungsi distribusi binomial melalui percobaan acak
3.9          Memahami penarikan kesimpulan melalui uji hipotesis dengan kriteria tertentu

Bidang Kalkulus
3.10      Memahami dan menganalisis konsep dan sifat-sifat limit fungsi trigonometri dan nilai limit fungsi aljabar menuju ketakhinggaan dan menerapkannya dalam pemecahan berbagai masalah
3.11      Memahami konsep turunan fungsi trigonometri dan menurunkan sifat-sifatnya serta menggunakannya dalam memecahkan masalah
3.12      Memahami konsep dan sifat turunan fungsi trigonometri dan menerapkannya untuk menentukan titik stasioner (titik maximum, titik minimum dan titik belok)
3.13      Menganalisis bentuk model matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dan garis singgung kurva dalam menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar persamaan aljabar
4.    Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Bidang Aljabar
4.1         Menerapkan konsep teorema sisa dan faktorisasi polinomial dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
4.2         Merancang dan mengajukan masalah nyata dengan model persamaan kubik dan menerapkan aturan dan sifat pada polinomial dalam memecahkan masalah tersebut

Bidang Geometri
4.3          Mengolah data dan membuat model matematika berupa persamaan parabola atau hiperbola atau ellips dari suatu masalah nyata dan melakukan manipulasi aljabar dalam menyelesaikan masalah
4.4          Menyajikan objek-objek nyata sebagai gambaran model parabola, hiperbola, dan ellips dan merancang masalah serta menyelesaikannya dengan menerapkan konsep dan sifat-sifat irisan kerucut yang telah dibuktikan kebenaranya
4.5          Memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata dengan model lingkaran yang saling beririsan, menginterpretasi masalah dalam gambar dan menyelesaikannya

Bidang Statistika
4.6          Menyajikan dan menggunakan rumus fungsi distribusi binomial dalam menaksir suatu kejadian yang akan muncul berkaitan dengan percobaan acak
4.7          Menyajikan proses dan hasil penarikan kesimpulan dari uji hipotesis dengan argumentasi dan prosedur penarikan kesimpulan yang valid

Bidang Kalkulus
4.8         Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang fungsi trigonometri
4.9         Merancang dan mengajukan masalah nyata serta menggunakan konsep dan sifat turunan fungsi trigonometri untuk pemecahannya
4.10     Menyajikan data dari situasi nyata, memilih variabel dan mengkomunikasikannya dalam bentuk model matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dan garis singgung kurva dalam menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar persamaan aljabar

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • kompetensi inti bidang studi peminatan matematika kelas XII sma, kompetensi inti matematika kelas XII SMA dan MA, kurikulum 2013 SMA dan MA

0 comments:

Post a Comment

 
back to top