KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menghayati
dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
2.
Mengembangkan
perilaku(jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun, ramahlingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta
damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
Bidang Aljabar
2.1
Melatih diri bersikap
konsisten dan jujur dalam menerapkan berbagai konsep dan sifat polinomial
dalam memecahkan masalah matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
Bidang Geometri
2.2
Memiliki dan menunjukkan
rasa ingin tahu dan bersifat kritis dalam memahami konsep, menurunkan aturan
dan sifat irisan kerucut (parabola, hiperbola dan ellips) dan secara
konsisten diterapkan dalam pemecahan masalah nyata kehidupan
2.3
Menunjukkan kemampuan
berkolaborasi terhadap teman dan guru dalam menganalisis sifat-sifat irisan
dua lingkaran dan menerapkannya dalam konteks nyata kehidupan
Bidang Statistik
2.4
Menunjukkan perilaku
jujur dalam melakukan percobaan acak dan melaporkannya
2.5
Menunjukkan perilaku
realistis dalam menafsirkan kesimpulan yang ditarik dari uji hipotesis yang
mungkin tidak sesuai dengan yang perkiraan dan harapan
2.6
Menunjukkan rasa ingin
tahu dan merasakan manfaat bekerjasama dalam menerapkan distrimbusi binomial
dalam pemecahan masalah nyata
Bidang Kalkulus
2.7
Memiliki perilaku
konsisten dalam menganalisis dan menerapkan konsep dan aturan limit fungsi
trigonometri dan fungsi aljabar ke takhinggaan dalam berbagai pembuktian
sifat dan menyelesaikan masalah
2.8
Menunjukkan sikap
percaya diri dan tangguh menghadapi masalah terkait turunan fungsi
trigonometri
2.9
Menunjukkan kemampuan
bekerjasama dalam memecahkan masalah sebagai terapan garis singgung kurva
dalam menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar
|
|
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
Bidang Aljabar
3.1
Memahami konsep dan
menurunkan sifat operasi aljabar pada polinomial dan menerapkannya dalam
menyelesaikan masalah
3.2
Memahami aturan
perkalian dan pembagian polinomial dan menerapkan teorema sisa dan dan
pemfaktoran polinomial dalam menyelesaikan masalah matematika
Bidang Geometri
3.3
Menganalisis konsep dan
membuktikan sifat-sifat irisan kerucut (parabola, hiperbola, dan ellips) dan
menerapkannya dalam pembuktian dan menyelesaikan masalah matematika dan
bidang ilmu lain
3.4
Memahami hubungan garis
direktis, titik fokus dan titik-titik pada kurva parabola, hiperbola, dan
ellips dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
3.5
Menganalisis data
terkait unsur-unsur parabola, hiperbola dan ellips dan mengambar kurvanya
serta mengidentifikasi sifat-sifatnya
3.6
Memahami konsep
lingkaran dan menganalisis sifat-sifat irisan dua lingkaran dan menerapkannya
dalam memecahkan masalah
Bidang Statistika
3.7
Memahami penarikan
sampel acak dari suatu populasi dari sekumpulan objek atau kejadian
sehari-hari
3.8
Memahami konsep variabel
acak dan merumuskan fungsi distribusi binomial melalui percobaan acak
3.9
Memahami penarikan
kesimpulan melalui uji hipotesis dengan kriteria tertentu
Bidang Kalkulus
3.10 Memahami dan menganalisis konsep dan sifat-sifat limit
fungsi trigonometri dan nilai limit fungsi aljabar menuju ketakhinggaan dan
menerapkannya dalam pemecahan berbagai masalah
3.11 Memahami konsep turunan fungsi trigonometri dan
menurunkan sifat-sifatnya serta menggunakannya dalam memecahkan masalah
3.12 Memahami konsep dan sifat turunan fungsi trigonometri
dan menerapkannya untuk menentukan titik stasioner (titik maximum, titik
minimum dan titik belok)
3.13 Menganalisis bentuk model matematika berupa persamaan
fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dan garis singgung
kurva dalam menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar persamaan aljabar
|
|
4.
Mengolah,
menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Bidang Aljabar
4.1
Menerapkan konsep
teorema sisa dan faktorisasi polinomial dalam pemecahan masalah kehidupan
sehari-hari
4.2
Merancang dan mengajukan
masalah nyata dengan model persamaan kubik dan menerapkan aturan dan sifat
pada polinomial dalam memecahkan masalah tersebut
Bidang Geometri
4.3
Mengolah data dan
membuat model matematika berupa persamaan parabola atau hiperbola atau ellips
dari suatu masalah nyata dan melakukan manipulasi aljabar dalam menyelesaikan
masalah
4.4
Menyajikan objek-objek
nyata sebagai gambaran model parabola, hiperbola, dan ellips dan merancang
masalah serta menyelesaikannya dengan menerapkan konsep dan sifat-sifat
irisan kerucut yang telah dibuktikan kebenaranya
4.5
Memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata dengan model lingkaran yang saling
beririsan, menginterpretasi masalah dalam gambar dan menyelesaikannya
Bidang Statistika
4.6
Menyajikan dan menggunakan
rumus fungsi distribusi binomial dalam menaksir suatu kejadian yang akan
muncul berkaitan dengan percobaan acak
4.7
Menyajikan proses dan
hasil penarikan kesimpulan dari uji hipotesis dengan argumentasi dan prosedur
penarikan kesimpulan yang valid
Bidang Kalkulus
4.8
Memilih strategi yang
efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata
tentang fungsi trigonometri
4.9
Merancang dan mengajukan
masalah nyata serta menggunakan konsep dan sifat turunan fungsi trigonometri
untuk pemecahannya
4.10 Menyajikan data dari situasi nyata, memilih variabel
dan mengkomunikasikannya dalam bentuk model matematika berupa persamaan
fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dan garis singgung
kurva dalam menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar persamaan aljabar
|
Sunday, March 31, 2013
0 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA (PEMINATAN) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA), kelas IX
About the Author
Author info. Search this text in your template code and replace it.
- kompetensi inti bidang studi peminatan matematika kelas XII sma, kompetensi inti matematika kelas XII SMA dan MA, kurikulum 2013 SMA dan MA
0 comments:
Post a Comment