Sunday, March 31, 2013

0 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/ MADRASAH TSANAWIYAH (MTs), KELAS VIII


KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.       Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
b.      Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir
c.       Mempraktikkan kebiasaan baik dalam berolahraga dan latihan
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1         Berperilaku sportif dalam bermain
2.2         Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3         Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.4         Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.5         Toleransi dan mau berbagi dalam penggunaan sarana dan prasarana
2.6         Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7         Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
2.8         Memiliki perilaku hidup sehat
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1         Memahami prinsip-prinsip pencegahan terhadap bahaya seks bebas, NAPZA, dan obat berbahaya lainnya, bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat
3.2         Memahami pola makan sehat, bergizi dan seimbang
3.3         Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
3.4         Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola kecil
3.5         Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar)
3.6         Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar olahraga beladiri
3.7         Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana
3.8         Menentukan variasi rangkaian aktivitas gerak berirama dalam bentuk rangkaian sederhana
3.9         Memahami pengembangan komponen kebugaran jasmani
3.10     Membedakan dua teknik dasar gaya renang melalui penambahan gaya yang telah dikuasai sebelumnya
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1         Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar berbagai bentuk permainan bola besar dengan koordinasi yang baik
4.2         Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar berbagai bentuk permainan bola kecil dengan koordinasi yang baik
4.3         Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) dengan koordinasi yang baik
4.4         Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar olahraga beladiri;
4.5         Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana
4.6         Mempraktikkan variasi rangkaian aktivitas gerak berirama dalam bentuk rangkaian sederhana
4.7         Mempraktikkan empat komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan berdasarkan norma instrument yang digunakan
4.8         Mempraktikkan keterampilan dua teknik dasar gaya renang melalui penambahan gaya yang telah dimiliki dengan koordinasi yang baik dengan jarak tertentu

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • kompetensi inti dan kompetensi dasar pendidikan jasmani dan kesehatan kelas VIII, kurikulum 2013 smp

0 comments:

Post a Comment

 
back to top