Sunday, March 31, 2013

0 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs), KELAS IX

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.  Membaca al-Qur’an dengan tartil
1.2.  Beriman kepada Hari Akhir
1.3.  Beriman kepada Qadha dan Qadar
1.4.  Melaksanakan penyembelihan hewan berdasarkan ketentuan syariat Islam
1.5.  Melaksanakan ibadah qurban dan aqiqah sebagai implementasi dari surat al-Kautsar
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,  percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.  Memiliki sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai implementasi dari pemahaman QS Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159serta hadits terkait.
2.2.  Memiliki perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Hujurat (49):13, serta Hadits terkait.
2.3.  Memiliki sikap empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah qurban dan aqiqah
2.4.  Memiliki sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir
2.5.  Memiliki sikap tawakkal kepada Allah sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Qadha dan Qadar
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1.  Memahami QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal dan hadits terkait.
3.2.  Memahami QS. Al Hujurat (49):13  tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadist terkait.
3.3.  Memahami makna iman kepada hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaanNya.
3.4.  Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan Nya
3.5.  Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam
3.6.  Memahami hikmah qurban dan aqiqah
3.7.  Memahami ketentuan haji dan umroh
4.  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1.  Membaca QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159  dan QS. Al Hujurat (49):13) sesuai dengan kaedah tajwid dan makhrajul huruf
4.2.  Menunjukkan hafalan QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159  dan QS. Al Hujurat (49):13)
4.3.  Memperagakan tata cara penyembelihan hewan
4.4.  Mempraktekkan manasik haji
4.5.  Mempraktekkan pelaksanaan ibadah qurban dan aqiqoh di lingkungan sekitar rumah
4.6.  Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Nusantara
4.7.  Menceritakan sejarah tradisi Islam Nusantara

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • kompetens inti pendidikan agama dan budi pekerti SMP kelas VII, kompetensi inti smp terbaru, kurikulum 2013 smp

0 comments:

Post a Comment

 
back to top