KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1. Membaca
al-Qur’an dengan tartil
1.2. Beriman kepada Hari Akhir
1.3. Beriman
kepada Qadha dan Qadar
1.4. Melaksanakan penyembelihan hewan berdasarkan ketentuan syariat
Islam
1.5. Melaksanakan ibadah qurban dan aqiqah
sebagai implementasi dari surat al-Kautsar
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
2.1. Memiliki sikap optimis, ikhtiar, dan
tawakkal sebagai implementasi dari pemahaman QS Az Zumar
(39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159serta hadits terkait.
2.2. Memiliki perilaku toleran dan
menghargai perbedaan
dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman
QS. Al Hujurat (49):13, serta Hadits terkait.
2.3. Memiliki sikap empati, peduli, dan
gemar menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari
pemahaman makna
ibadah qurban dan aqiqah
2.4. Memiliki
sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir
2.5. Memiliki
sikap tawakkal kepada Allah sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada
Qadha dan Qadar
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1.
Memahami QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm
(53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal dan hadits terkait.
3.2.
Memahami QS. Al Hujurat (49):13 tentang toleransi dan menghargai
perbedaan
dan hadist terkait.
3.3.
Memahami makna iman kepada hari Akhir berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaanNya.
3.4.
Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar
berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan Nya
3.5.
Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam
3.6.
Memahami hikmah qurban dan aqiqah
3.7.
Memahami ketentuan haji dan umroh
|
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1. Membaca QS. Az
Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159 dan QS. Al Hujurat (49):13) sesuai dengan kaedah tajwid dan makhrajul huruf
4.2. Menunjukkan hafalan QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm
(53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159
dan QS. Al Hujurat (49):13)
4.3. Memperagakan tata cara penyembelihan
hewan
4.4. Mempraktekkan manasik haji
4.5. Mempraktekkan
pelaksanaan
ibadah qurban dan aqiqoh di lingkungan sekitar rumah
4.6. Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di
Nusantara
4.7.
Menceritakan sejarah tradisi Islam Nusantara
|
Sunday, March 31, 2013
0 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs), KELAS IX
About the Author
Author info. Search this text in your template code and replace it.
- kompetens inti pendidikan agama dan budi pekerti SMP kelas VII, kompetensi inti smp terbaru, kurikulum 2013 smp
0 comments:
Post a Comment