Sunday, March 31, 2013

0 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs), KELAS: VIII

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1    Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2    Meyakini Kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari
1.3    Meyakini Nabi Muhammad saw sebagai nabi akhir zaman
1.4    Melaksanakan shalat sunnah
1.5    Melaksanakan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi
1.6    Melaksanakan puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.7    Mengkonsumsi makanan yang halal dan bergizi
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1    Memiliki perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Furqan (25): 63 , QS. Al Isra’(17): 27 dan hadits  terkait
2.2    Memiliki perilaku mengkonsumsi makanan dan minuman yang halaldan bergizi dalam kehidupan sehari sebagai implementasi dari pemahaman QS An-Nahl (16):114 dan hadits terkait
2.3    Memiliki perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 sertahadits terkait.
2.4    Memiliki perilaku semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
2.5    Meneladani semangat ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1    Memahami makna QS. Al Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114,  QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
3.2    Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
3.3    Memahami makna beriman kepada Rasul Allah SWT
3.4    Memahami  hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
3.5    Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
3.6    Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah
3.7    Memahami hikmah penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits
3.8    Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayahdan masa Abbasiyah
4.  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1    Membaca QS. Al Furqan (25): 63, Al Isra’(17): 27, QS An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan Al Maidah (5): 32 dengan tartil
4.2    Menunjukkan hafalanQS. Al Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114,  QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
4.3    Mempraktekkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid
4.4    Mempraktekkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.5    Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayahdan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • kompetens inti pendidikan agama dan budi pekerti SMP kelas VII, kurikulum 2013 smp

0 comments:

Post a Comment

 
back to top