Tuesday, November 15, 2011

0 GEN, DNA, Kromosom


1. Struktur Gen

Gen pada eukariota tersusun atas :
a. domain regulasi inisiasi transkripsi ( permulaan transkripsi) yang terdiri dari deret GCCACACCC, ATGCAAAT, kotak GC, kotak CCAT dan kotak TATA
b. intron, yaitu bagian dari mRNA yang ikut bertranskripsi tapi tidak ikut bertlansasi. Agar mRNA dapat bertlansasi, maka intron harus melepaskan diri dari mRNA. Bagian dari mRNA yang masih mengandung intron disebut dengan pre-mRNA
c. ekson, merupakan area kodikasi protein yang dapat ditranskripsi secara overlapping atau nonoverlapping. Misal kodon triplet AUU GCU CAG dapat dibaca secara nonoverlapping sebagai AUU UUG UGC GCU CUC CAG.
d. domain regulasi akhir transkripsi atau disebut dengan terminasi
Eksprsi gen adalah proses dimana kode - kode yang ada pada informasi gen diubah menjadi protein - protein yang broperasi didalam sel. Ekspresi gen terdiri dari 2 tahap, yaitu :
1. transkripsi atau proses pembuatan salinan RNA
2. translasi yaitu proses sintesis polipeptida yang spesifik didalam ribosom
Proses transkripsi DNA menjadi m-RNA dan translasi m-RNA menjadi sebuah polipeptida disebut dengan dogma central. Dogma sentral berlaku baik pada sel prokariotik maupun sel eukariotik.Bedanya, pada Eukariotik terdapat tahap tambahan antara transkripsi dan translasi yang disebut dengan pre-mRNA. Tahap pre m-RNA adalah untuk menyeleksi mRNA yang akan dibawa keluar nukleus untuk ditranslasikan di ribosom.
Ekson merupakan mRNA yang akan dikirim keluar dari nukleus untuk ditranslasikan sedangkan intron tetap didalam nukleus karena kemungkinan mRNA tersebut akan membentuk protein yag tidak fungsional jika ditranslasikan.
a. DNA ( Asam deoksiribonukleat)
DNA makhluk hidup mempunyai peran menyimpan cetak biru untuk semua aktivitas sel. Dna merupakan polimer yang terdiri dari tiga komponen utama,yaitu :
1. gugus fosfat
2. gula deosiribosa
3. Basa Nitrogen yang teridir dari : Adenin, Guanin, Sitosin, Timin
Satu unit DNA yang tersusun atas guus fosfat, gula deoksiribosa dan basa Nitrogen disebut dengan nukleotida, karena DNA sangat panjang, maka DNA disebut dengan polinukleotida.
DNA terdiri atas dua untai pilin yang disebut dengan double helix.Pada struktur heliks ganda ini, orientasi satu rantai ganda berlawanan dengan rantai yang lainnya atau disebut dengan anti paralel. Kedua ikatan rantai ini disatukan dengan ikatan Hidrogen antar basa-nya.
b. KROMOSOM


Kromosom merupakan struktur panjang yang terdiri atas satu molekul DNA dan berbagai protein yang terkait dengan informasi genetik suatu organisme. Kromosom terdapat didalam nukleus sel dan membentuk kesatuan yang disebut dengan Kromatin.
Setiap kromosom terdiri atas dua lengan, lengan pendak disebut dengan lengan p da lengan panjang disebut dengan q.

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • bahan ajar Biologi, Biologi XII IPA semester 1, DNA, ekson, intron, Kroosom, transkrisi, translasi

0 comments:

Post a Comment

 
back to top