Thursday, December 29, 2011

0 RPP berkarakter kelas XI IPA semester II bab Sistem Pencernaan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 2

Pertemuan : 1,2,3

Standar Kompetensi : 3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)

I. Tujuan Pembelajaran :

· Siswa dapat menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana dengan penuh percaya diri dan ketelitian.

· Melalui kegiatan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh dengan penuh percaya diri dan ketelitian

· Melalui diskusi siswa dapat menyusun laporan hasil percobaan mengidentifikasikan zat – zat yang terkandung didalam bahan makanan dengan memberi kesempatan orang lain untuk dapat menyampaikan pendapatnya.

· Melalui kegiatan diskusi dan pengamatan gambar, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia.

II. Indikator

· Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana dengan penuh percaya diri dan ketelitian.

· Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh dengan penuh percaya diri dan ketelitian

· Menghubungkan struktur dan fungsi organ – organ dalam sistem pencernaan makanan manusia

· Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia.

III. Materi Ajar

· Zat makanan dan fungsinya bagi manusia

Makanan bagi manusia mempunyai beberapa fungsi penting, yaitu :

a. Sebagai penghasil energi

b. Sebagai zat pembangun tubuh

c. Sebagai zat peilndung tubuh

d. Menjaga tubuh dari kondisi stres

e. Meningkatkan intelegensi

f. Memelihara fugsi reproduksi

· Cara menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan

IV. Metode Pembelajaran

· Diskusi

· Pengamatan

· Praktikum

V. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

A. Kegiatan awal ( 10 menit)

· Berdo’a

· Apersepsi :

Peserta didik diingatkan tentang makanan dan fungsinya bagi tubuh

· Motivasi :

Apa yang terjadi setelah kita makan ?

· Menyampaikan tujuan / kompetensi yang akan dicapai serta cakupan materi yang akan dipelajari

B. Kegiatan inti (70 menit)

· Guru memberikan pengetahuan awal tentang zat makanan dan fungsinya bagi tubuh manusia

· Guru dan siswa melakukan kegiatan diskusi dan tanya jawab tentang zat makanan dan fungsinya bagi tubuh

C. Penutup ( 10 menit )

· Siswa bersama guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran

· Guru memberi tugas siswa membawa bahan praktikum identifikasi zat makanan

Pertemuan II

A. Kegiatan Awal ( 10 menit)

· Berdo’a

· Apersepsi

Guru mengingatkan siswa tentang materi zat makanan dan fungsinya bagi tubuh

· Motivasi

Zat apa saja yang terkandung dalam makanan yang kita makan ?

Apa saja kandungan zat dalam makanan sehingga mampu menyehatkan tubuh?

· Menyampaikan tujuan / kompetensi yang ingin dicapai serta cakupan materi yang akan dipelajari

B. Kegiatan Inti ( 70 menit )

· Guru melakukan demonstrasi identifikasi kandungan zat makanan dan menyajikan informasi tentang langkah percobaan tahap demi tahap.

· Siswa melakukan kegiatan percobaan identifikasi kandungan zat makanaa secara teliti

· Siswa mencatat hasil kegiatan percobaan , kemudian menyimpulkan kadungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan tersebut.

· Siswa mempresentasikan hasil laporan praktikum dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

· Siswa bersama guru menyimpulkan prinsip pengujian makanan.

· Siswa mengumpulkan laporan hasil praktek.

· Guru memberi penghargaan pada siswa yang aktif dalam kegiatan praktikum, penulisan laporan dan diskusi kelompok

Pertemuan III

A. Kegiatan awal (10 menit)

· Apersepsi

ü Berdo’a

· Motivasi

Bagaimana proses yang terjadi didalam tubuh sampai makanan bisa diserap oleh tubuh?

· Menyampaikan tujuan / kompetensi yang ingin dicapai serta cakupan materi yang akan dipelajari

B. Kegiatan inti (70 menit)

· Siswa bersama guru mendiskusikan hasil pengamatan dan kesimpulan dengan menjawab pertanyaan untuk diskusi.

· Dengan diberikan gambar sistem pencernaan manusia siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dan proses pencernaan yang terjadi.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

· Siswa bersama guru menyimpulkan proses pecernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia.

· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

PERTEMUAN III

A. Kegiatan awal ( 10 menit)

· Apersepsi

Berdo’a

· Motivasi

· Guru meminta siswa menyebutkan bagian – bagian yang dilalui oleh makanan saat makanan masuk ke dalam tubuh kita

· Menyampaikan tujuan / kompetensi yang ingin dicapai serta cakupan materi yang akan dipelajari

B. Kegiatan inti ( 70 menit)

· Guru memberikan siswa kesempatan untuk mencari informasi mengenai sistem pencernaan pada manusia dan hewan ( vertebrata) secara mandiri

· Guru beserta siswa mendiskusikan hasil perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata.

· Dengan diberikan gambar sistem pencernaan hewan ruminansia, siswa diminta mendeskripsikan proses pencernaan pada hewan ruminansia tahap demi tahap.

· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan manusia.

C. Kegiatan akhir ( 10 menit)

· Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan proses pencernaan pada hewan ruminansia.

· Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan makanan manusia.

IV. Alat/Bahan/Sumber

· Buku Kerja Biologi 2 semester II yang relevan

· Buku Biologi jilid XI IPA yang relevan

· Lembar kerja praktikum diambil dari Biologi untuk SMA kelas XI, hal: 125 kegiatan 5.1 ( menguji kandungan nutrisi makanan), Erlangga,D.A Pratiwi dkk.

· Beberapa bahan makanan

· Alat praktikum uji makanan

· Gambar / charta sistem pencernaan makanan

V. Penilaian

· teknik : tes tertulis, tes unjuk kerja, observasi

· Bentuk : uraian, tes uji petik kerja,lembar observasi

Bagi teman - teman yang juga membutuhkan contoh lembar penilaian dan lembar observasi dari RPP ini silahkan mengirim email ke : dewi.sukoco@gmail.com. Tulis lembar penilaian KD / SK...... Terima kasih. Ini hanya contoh, jadi teman - teman tinggal menyempurnakan saja.


About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • contoh RPP berkarakter pelajaran biologi kelas XI IPA semester 2, RPP berkarakter biologi SMA, RPP berkarakter XI IPA semester 2

0 comments:

Post a Comment

 
back to top