RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan : 1,2,3
Standar Kompetensi : 3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
I. Tujuan Pembelajaran :
· Siswa dapat menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana dengan penuh percaya diri dan ketelitian.
· Melalui kegiatan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh dengan penuh percaya diri dan ketelitian
· Melalui diskusi siswa dapat menyusun laporan hasil percobaan mengidentifikasikan zat – zat yang terkandung didalam bahan makanan dengan memberi kesempatan orang lain untuk dapat menyampaikan pendapatnya.
· Melalui kegiatan diskusi dan pengamatan gambar, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia.
II. Indikator
· Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana dengan penuh percaya diri dan ketelitian.
· Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh dengan penuh percaya diri dan ketelitian
· Menghubungkan struktur dan fungsi organ – organ dalam sistem pencernaan makanan manusia
· Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia.
III. Materi Ajar
· Zat makanan dan fungsinya bagi manusia
Makanan bagi manusia mempunyai beberapa fungsi penting, yaitu :
a. Sebagai penghasil energi
b. Sebagai zat pembangun tubuh
c. Sebagai zat peilndung tubuh
d. Menjaga tubuh dari kondisi stres
e. Meningkatkan intelegensi
f. Memelihara fugsi reproduksi
· Cara menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan
IV. Metode Pembelajaran
· Diskusi
· Pengamatan
· Praktikum
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan awal ( 10 menit)
· Berdo’a
· Apersepsi :
Peserta didik diingatkan tentang makanan dan fungsinya bagi tubuh· Motivasi :
Apa yang terjadi setelah kita makan ?
· Menyampaikan tujuan / kompetensi yang akan dicapai serta cakupan materi yang akan dipelajari
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru memberikan pengetahuan awal tentang zat makanan dan fungsinya bagi tubuh manusia
· Guru dan siswa melakukan kegiatan diskusi dan tanya jawab tentang zat makanan dan fungsinya bagi tubuh
C. Penutup ( 10 menit )
· Siswa bersama guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran
· Guru memberi tugas siswa membawa bahan praktikum identifikasi zat makanan
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal ( 10 menit)
· Berdo’a
· Apersepsi
Guru mengingatkan siswa tentang materi zat makanan dan fungsinya bagi tubuh
· Motivasi
Zat apa saja yang terkandung dalam makanan yang kita makan ?
Apa saja kandungan zat dalam makanan sehingga mampu menyehatkan tubuh?
· Menyampaikan tujuan / kompetensi yang ingin dicapai serta cakupan materi yang akan dipelajari
B. Kegiatan Inti ( 70 menit )
· Guru melakukan demonstrasi identifikasi kandungan zat makanan dan menyajikan informasi tentang langkah percobaan tahap demi tahap.
· Siswa melakukan kegiatan percobaan identifikasi kandungan zat makanaa secara teliti
· Siswa mencatat hasil kegiatan percobaan , kemudian menyimpulkan kadungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan tersebut.
· Siswa mempresentasikan hasil laporan praktikum dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan prinsip pengujian makanan.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil praktek.
· Guru memberi penghargaan pada siswa yang aktif dalam kegiatan praktikum, penulisan laporan dan diskusi kelompok
Pertemuan III
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Apersepsi
ü Berdo’a
· Motivasi
Bagaimana proses yang terjadi didalam tubuh sampai makanan bisa diserap oleh tubuh?
· Menyampaikan tujuan / kompetensi yang ingin dicapai serta cakupan materi yang akan dipelajari
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan hasil pengamatan dan kesimpulan dengan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
· Dengan diberikan gambar sistem pencernaan manusia siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dan proses pencernaan yang terjadi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan proses pecernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
PERTEMUAN III
A. Kegiatan awal ( 10 menit)
· Apersepsi
Berdo’a
· Motivasi
· Guru meminta siswa menyebutkan bagian – bagian yang dilalui oleh makanan saat makanan masuk ke dalam tubuh kita
· Menyampaikan tujuan / kompetensi yang ingin dicapai serta cakupan materi yang akan dipelajari
B. Kegiatan inti ( 70 menit)
· Guru memberikan siswa kesempatan untuk mencari informasi mengenai sistem pencernaan pada manusia dan hewan ( vertebrata) secara mandiri
· Guru beserta siswa mendiskusikan hasil perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata.
· Dengan diberikan gambar sistem pencernaan hewan ruminansia, siswa diminta mendeskripsikan proses pencernaan pada hewan ruminansia tahap demi tahap.
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan manusia.
C. Kegiatan akhir ( 10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan proses pencernaan pada hewan ruminansia.
· Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan makanan manusia.
IV. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi 2 semester II yang relevan
· Buku Biologi jilid XI IPA yang relevan
· Lembar kerja praktikum diambil dari Biologi untuk SMA kelas XI, hal: 125 kegiatan 5.1 ( menguji kandungan nutrisi makanan), Erlangga,D.A Pratiwi dkk.
· Beberapa bahan makanan
· Alat praktikum uji makanan
· Gambar / charta sistem pencernaan makanan
V. Penilaian
· teknik : tes tertulis, tes unjuk kerja, observasi
· Bentuk : uraian, tes uji petik kerja,lembar observasi
Bagi teman - teman yang juga membutuhkan contoh lembar penilaian dan lembar observasi dari RPP ini silahkan mengirim email ke : dewi.sukoco@gmail.com. Tulis lembar penilaian KD / SK...... Terima kasih. Ini hanya contoh, jadi teman - teman tinggal menyempurnakan saja.
0 comments:
Post a Comment