Tuesday, January 3, 2012

0 RPP berkarakter kelas X semester II bab keanekaragaman hayati

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

A. STANDAR KOMPETENSI

1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

B. KOMPETENSI DASAR

3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan

C. INDIKATOR

ü Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati

ü Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati

ü Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

ü Melalui pengamatan alam sekitar, siswa dapat memahami konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem

ü Melalui diskusi siswa dapat menyusun laporan hasil pengamatan gejala keanekaragaman hayati dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya

ü Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menentukan tingkat keanekaragaman hayati berdasarkan hasil pengamatan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya

E. Materi Ajar

ü Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

F. Metode Pembelajaran

ü Pengamatan

ü Diskusi

G. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

A. Kegiatan awal (10 menit)

ü Apersepsi

Berdo’a

ü Motivasi

Guru meminta siswa untuk melihat keluar kelas sejenak dan menyebutkan apa saja makhluk hidup yang bisa ditemui

B. Kegiatan inti (70 menit)

ü Demosntrasi pengamatan lingkungan sekitar sesuai dengan lembar kegiatan, dengan menyajikan informasi tahap demi tahap sesuai prosedur

ü Siswa melakukan kegiatan pengamatan lingkungan sekitar secara berkelompok dengan teliti

ü Siswa mendiskusikan hasil pengamatan lingkungan sekitar dan menyusun laporan hasil pengamatan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya

ü Siswa mempresentasikan hasil pengamatannya dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapat

C. Kegiatan akhir (10 menit)

ü Guru beserta siswa menyimpulkan hasil kegiatan pengamatan lingkungan sekitar

ü Guru memberikan apresiasi pada kelompok yang berperan aktif dalam kegiatan pengamatan, diskusi dan presentasi

ü Guru memberikan informasi mengenai pembelajaran selanjutnya yaitu tingkat keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem

Pertemuan 2

A. Kegiatan Awal ( 10 menit)

Apersepsi

ü Berdo’a

Motivasi

ü Mengapa makhluk hidup yang satu berbeda dengan yang lain ?

B. Kegiatan Inti ( 70 menit)

ü Guru membimbing siswa untuk diskusi dan membaca materi tentang tingkat keanekaragaman hayati sesuai dengan hasil pengamatan

ü siswa berdiskusi tentang tingkat keanekaragaman makhluk hidup dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya

ü guru membimbing siswa untuk berdiskusi

C. Kegiatan Akhir ( 10 menit)

ü Guru beserta siswa menyimpulkan hasil kegiatan belajar

ü Guru menginformasikan bab selanjutnya

H. Alat/ Bahan/ Sumber

· Buku kerja Biologi

· Buku Biologi, SMA kelas X,Erlangga dan Seribupena

· Lingkungan yang ada di sekitar sekolah

I. Penilaian

· Laporan hasil pengamatan

· Uji kompetensi tertulis

· Kisi – kisi dan instrumen penilaian sebagai berikut

No

Indikator

Teknik

Penilaian

Bentuk

Instrumen

1

Mengamati contoh makhluk hidup yang ditemui di alam sekitar sekolah

Tes kinerja

Tes uji petik kerja

2

Menyusun laporan hasil pengamatan contoh makhluk hidup yang ada dilingkungan sekolah dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya

Tes kinerja

Tes uji petik kerja

3

Mempresentasikan laporan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya

Tes kinerja

Tes uji petik kerja

LEMBAR PENILAIAN I : UJI PETIK KERJA

Lembar tes unjuk kerja untuk menilai kinerja peserta didik mengamati contoh makhluk hidup yang ditemui disekitar sekolah

Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan

Skor 0 : apabila tidak dilakukan

Pada kolom karakter :

BT = belum terlihat

MT = mulai terlihat

MK = mulai berkembang

MB = mulai membudaya

No

Aspek yang dinilai

Dilakukan

Karakter

Ya

Tidak

1

Melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur yang telah ditulis

2

Menuliskan hasil pengamatan pada kolom pengamatan dengan teliti

3

Mengelompokkan hasil pengamatan sesuai dengan kolom pengamatan dengan teliti

Jumlah Skor

Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 %

LEMBAR PENILAIAN 2 : UJI PETIK KERJA

Lembar tes unjuk kerja untuk menilai karakter kedemokratisan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya dan karakter lainnya yang berkembang dalam menyusun laporan hasil pengamatan lingkungan sekitar sekolah

Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan

Skor 0 : apabila tidak dilakukan

Pada kolom karakter :

BT = belum terlihat

MT = mulai terlihat

MK = mulai berkembang

MB = mulai membudaya

No

Aspek yang dinilai

Dilakukan

Karakter

Ya

Tidak

1

Menyampaikan hasil pengamatan yang dilakukan dengan jujur

2

Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka

3

Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional

Jumlah Skor

Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 %

LEMBAR PENILAIAN 3 : UJI PETIK KERJA 3

Lembar tes unjuk kerja untuk menilai karakter kedemokratisan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya dan karakter lainnya yang berkembang dalam presentasi hasil pengamatan lingkungan sekitar sekolah

Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan

Skor 0 : apabila tidak dilakukan

Pada kolom karakter :

BT = belum terlihat

MT = mulai terlihat

MK = mulai berkembang

MB = mulai membudaya

No

Aspek yang dinilai

Dilakukan

Karakter

Ya

Tidak

1

Menyampaikan hasil pengamatan yang dilakukan dengan bahasa yang lugas

2

Menyampaikan hasil laporan sesuai dengan prosedur kegiatan yang dilakukan dengan jujur

3

Menyampaikan laporan dengan penuh percaya diri

4

Mengakomodasi saran dan masukan dari orang lain dengan menghargai pendapat orang lain

5

Menyimpulkan hasil diskusi untuk menentukan tujuan akhir kegiatan dengan tepat

Jumlah Skor

Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 %

RPP ini hanya contoh, jadi silahkan direvisi sesuai dengan kebutuhan teman - teman.Jika ada kritik, silahkan tulis, gratis kok! lagi pula kritik dan masukan teman - teman akan membantu kesempurnaan blog ini. Terima kasih!

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • RPP berkarakter biologi SMA, rpp kelas X semester 2

0 comments:

Post a Comment

 
back to top