RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
B. KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
C. INDIKATOR
ü Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
ü Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
ü Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
ü Melalui pengamatan alam sekitar, siswa dapat memahami konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
ü Melalui diskusi siswa dapat menyusun laporan hasil pengamatan gejala keanekaragaman hayati dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya
ü Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menentukan tingkat keanekaragaman hayati berdasarkan hasil pengamatan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya
E. Materi Ajar
ü Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem
F. Metode Pembelajaran
ü Pengamatan
ü Diskusi
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal (10 menit)
ü Apersepsi
Berdo’a
ü Motivasi
Guru meminta siswa untuk melihat keluar kelas sejenak dan menyebutkan apa saja makhluk hidup yang bisa ditemui
B. Kegiatan inti (70 menit)
ü Demosntrasi pengamatan lingkungan sekitar sesuai dengan lembar kegiatan, dengan menyajikan informasi tahap demi tahap sesuai prosedur
ü Siswa melakukan kegiatan pengamatan lingkungan sekitar secara berkelompok dengan teliti
ü Siswa mendiskusikan hasil pengamatan lingkungan sekitar dan menyusun laporan hasil pengamatan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapatnya
ü Siswa mempresentasikan hasil pengamatannya dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk mengemukakan pendapat
C. Kegiatan akhir (10 menit)
ü Guru beserta siswa menyimpulkan hasil kegiatan pengamatan lingkungan sekitar
ü Guru memberikan apresiasi pada kelompok yang berperan aktif dalam kegiatan pengamatan, diskusi dan presentasi
ü Guru memberikan informasi mengenai pembelajaran selanjutnya yaitu tingkat keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem
Pertemuan 2
A. Kegiatan Awal ( 10 menit)
Apersepsi
ü Berdo’a
Motivasi
ü Mengapa makhluk hidup yang satu berbeda dengan yang lain ?
B. Kegiatan Inti ( 70 menit)
ü Guru membimbing siswa untuk diskusi dan membaca materi tentang tingkat keanekaragaman hayati sesuai dengan hasil pengamatan
ü siswa berdiskusi tentang tingkat keanekaragaman makhluk hidup dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya
ü guru membimbing siswa untuk berdiskusi
C. Kegiatan Akhir ( 10 menit)
ü Guru beserta siswa menyimpulkan hasil kegiatan belajar
ü Guru menginformasikan bab selanjutnya
H. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku kerja Biologi
· Buku Biologi, SMA kelas X,Erlangga dan Seribupena
· Lingkungan yang ada di sekitar sekolah
I. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
· Kisi – kisi dan instrumen penilaian sebagai berikut
No | Indikator | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen |
1 | Mengamati contoh makhluk hidup yang ditemui di alam sekitar sekolah | Tes kinerja | Tes uji petik kerja |
2 | Menyusun laporan hasil pengamatan contoh makhluk hidup yang ada dilingkungan sekolah dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya | Tes kinerja | Tes uji petik kerja |
3 | Mempresentasikan laporan dengan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya | Tes kinerja | Tes uji petik kerja |
LEMBAR PENILAIAN I : UJI PETIK KERJA
Lembar tes unjuk kerja untuk menilai kinerja peserta didik mengamati contoh makhluk hidup yang ditemui disekitar sekolah
Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan
Skor 0 : apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter :
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No | Aspek yang dinilai | Dilakukan | Karakter | |
Ya | Tidak | |||
1 | Melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur yang telah ditulis |
|
|
|
2 | Menuliskan hasil pengamatan pada kolom pengamatan dengan teliti |
|
|
|
3 | Mengelompokkan hasil pengamatan sesuai dengan kolom pengamatan dengan teliti |
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
| |
Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 % |
LEMBAR PENILAIAN 2 : UJI PETIK KERJA
Lembar tes unjuk kerja untuk menilai karakter kedemokratisan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya dan karakter lainnya yang berkembang dalam menyusun laporan hasil pengamatan lingkungan sekitar sekolah
Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan
Skor 0 : apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter :
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No | Aspek yang dinilai | Dilakukan | Karakter | |
Ya | Tidak | |||
1 | Menyampaikan hasil pengamatan yang dilakukan dengan jujur |
|
|
|
2 | Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka |
|
|
|
3 | Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional |
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
| |
Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 % |
LEMBAR PENILAIAN 3 : UJI PETIK KERJA 3
Lembar tes unjuk kerja untuk menilai karakter kedemokratisan memberi kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya dan karakter lainnya yang berkembang dalam presentasi hasil pengamatan lingkungan sekitar sekolah
Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan
Skor 0 : apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter :
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No | Aspek yang dinilai | Dilakukan | Karakter | |
Ya | Tidak | |||
1 | Menyampaikan hasil pengamatan yang dilakukan dengan bahasa yang lugas |
|
|
|
2 | Menyampaikan hasil laporan sesuai dengan prosedur kegiatan yang dilakukan dengan jujur |
|
|
|
3 | Menyampaikan laporan dengan penuh percaya diri |
|
|
|
4 | Mengakomodasi saran dan masukan dari orang lain dengan menghargai pendapat orang lain |
|
|
|
5 | Menyimpulkan hasil diskusi untuk menentukan tujuan akhir kegiatan dengan tepat |
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
| |
Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 % |
RPP ini hanya contoh, jadi silahkan direvisi sesuai dengan kebutuhan teman - teman.Jika ada kritik, silahkan tulis, gratis kok! lagi pula kritik dan masukan teman - teman akan membantu kesempurnaan blog ini. Terima kasih!
0 comments:
Post a Comment