RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu :4 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi :
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
B. Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
C. Indikator
ü Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
ü Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
ü Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
ü Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
ü Mendeskripsikan siklus hidup tumbuhan lumut
ü Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia
D. Tujuan Pembelajaran
ü Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
ü Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
ü Melalui kegiatan pengamatan dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan ciri – ciri umum tumbuhan lumut
ü Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menggambar struktur tumbuhan lumut
ü Melalui pengamatan gambar, siswa dapat mendeskripsikan siklus hidup tumbuhan lumut
ü Melalui kajian literatur, siswa dapat mengumpulkan informasi mengenai peranan lumut bagi manusia
E. Materi Ajar
ü Ciri umum dunia tumbuhan
ü Klasifikasi tumbuhan
ü Ciri-ciri dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
ü Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
ü Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
ü Peranan Bryophyta bagi manusia
F. Metode Pembelajaran
ü Pengamatan
ü Diskusi
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3
A. Kegiatan awal (10 menit)
Apersepsi
ü Berdo’a
Motivasi
ü Guru meminta siswa untuk mengamati lingkungan sekitar dan meminta siswa untuk menyebutkan salah satu contoh tumbuhan dan ciri yang bisa diamati
B. Kegiatan inti (70 menit)
ü Diskusi dan kajian literatur mengenai ciri umum dunia tumbuhan, guru menjelaskan informasi tahap demi tahap
ü Diskusi dan kajian literatur mengenai klasifikasi tumbuhan termasuk didalamnya Lumut, guru menjelaskan informasi tahap demi tahap
ü Diskusi dan kajian literatur mengenai ciri – ciri tumbuhan lumut, guru menjelaskan informasi tahapdemi tahap
C. Kegiatan akhir (10 menit)
ü Guru beserta siswa membuat kesimpulan
ü Guru meminta siswa untuk membawa contoh tumbuhan Lumut pada pertemuan selanjutnya
Pertemuan 4
A. Kegiatan awal (10 menit)
Apersepsi
ü Berdo’a
Motivasi
ü Guru mengingatkan siswa tentang ciri umum tumbuhan dan ciri yang dimiliki oleh lumut
B. Kegiatan inti ( 70 menit )
ü Siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut,
ü Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
ü Melalui kajian pustaka dan diskusi, siswa menjelaskan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut
ü Siswa mempresentasikan hasil pengamatan
ü Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
ü Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.
H. Alat/ Bahan/ Sumber
ü Buku Kerja Biologi IB, Esis
ü Buku Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII
ü Spesimen tumbuhan lumut
I. Penilaian
ü Teknik : tes tertulis, tes unjuk kerja, observasi
ü Bentuk : uraian, tes uji petik kerja, lembar observasi
ü Kisi – kisi dan instrumen pemilaian sebagai berikut :
No | Indikator | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen |
1 | Menjelaskan ciri umum dunia tumbuhan | Tes tertulis | Uraian |
2 | Menjelaskan ciri – ciri tumbuhan lumut | Tes tertulis | Uraian |
3 | Menggambarkan struktur tubuh tumbuhan lumut | Tes kinerja | Tes uji petik kerja |
4 | Mempresentasikan hasil pengamatan dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengmukakan pendapatnya | Tes kinerja | Lembar observasi |
5 | Menjelaskan siklus hidup tumbuhan lumut | Tes tertulis | Uraian |
6 | Menjelaskan peran lumut bagi manusia | Tes tertulis | Uraian |
UJI PETIK KERJA
Lembar tes unjuk kerja untuk menilai kinerja siswa ” menggambarkan struktur tubuh tumbuhan lumut secara seksama dan teliti ”
Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan
Skor 0 : apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter :
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No | Aspek yang dinilai | Dilakukan | Karakter | |
Ya | Tidak | |||
1 | Membawa tumbuhan lumut yang dimaksud dengan benar |
|
|
|
2 | Menggambar tumbuhan lumut sesuai dengan bentuk sebenarnya |
|
|
|
3 | Menyebutkan bagian – bagian tubuh tumbuhan lumut |
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
| |
Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 % |
UJI PETIK KERJA 2
Lembar observasi untuk menilai karakter demokratis ” memberi kesempatan orang lain untuk mengemukakan pendapatnya dan karakter lain yang berkembang pada kegiatan presentasi hasil kerja kelompok
Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan
Skor 0 : apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter :
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No | Aspek yang dinilai | Dilakukan | Karakter | |
Ya | Tidak | |||
1 | Menyampaikan hasil pengamatan dengan jujur |
|
|
|
2 | Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka |
|
|
|
3 | Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional |
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
| |
Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 % |
0 comments:
Post a Comment