Saturday, January 7, 2012

0 CONTOH RPP BERKARAKTER KELAS X SEMESTER II BAB KEANEKARAGAMAN HAYATI BAB BRYOPHYTA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2

Alokasi Waktu :4 jam pelajaran

A. Standar Kompetensi :

3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

B. Kompetensi Dasar :

3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

C. Indikator

ü Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan

ü Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan

ü Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)

ü Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan

ü Mendeskripsikan siklus hidup tumbuhan lumut

ü Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia

D. Tujuan Pembelajaran

ü Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan ciri umum dunia tumbuhan

ü Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyusun klasifikasi dunia tumbuhan

ü Melalui kegiatan pengamatan dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan ciri – ciri umum tumbuhan lumut

ü Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menggambar struktur tumbuhan lumut

ü Melalui pengamatan gambar, siswa dapat mendeskripsikan siklus hidup tumbuhan lumut

ü Melalui kajian literatur, siswa dapat mengumpulkan informasi mengenai peranan lumut bagi manusia

E. Materi Ajar

ü Ciri umum dunia tumbuhan

ü Klasifikasi tumbuhan

ü Ciri-ciri dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)

ü Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)

ü Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)

ü Peranan Bryophyta bagi manusia

F. Metode Pembelajaran

ü Pengamatan

ü Diskusi

G. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 3

A. Kegiatan awal (10 menit)

Apersepsi

ü Berdo’a

Motivasi

ü Guru meminta siswa untuk mengamati lingkungan sekitar dan meminta siswa untuk menyebutkan salah satu contoh tumbuhan dan ciri yang bisa diamati

B. Kegiatan inti (70 menit)

ü Diskusi dan kajian literatur mengenai ciri umum dunia tumbuhan, guru menjelaskan informasi tahap demi tahap

ü Diskusi dan kajian literatur mengenai klasifikasi tumbuhan termasuk didalamnya Lumut, guru menjelaskan informasi tahap demi tahap

ü Diskusi dan kajian literatur mengenai ciri – ciri tumbuhan lumut, guru menjelaskan informasi tahapdemi tahap

C. Kegiatan akhir (10 menit)

ü Guru beserta siswa membuat kesimpulan

ü Guru meminta siswa untuk membawa contoh tumbuhan Lumut pada pertemuan selanjutnya

Pertemuan 4

A. Kegiatan awal (10 menit)

Apersepsi

ü Berdo’a

Motivasi

ü Guru mengingatkan siswa tentang ciri umum tumbuhan dan ciri yang dimiliki oleh lumut

B. Kegiatan inti ( 70 menit )

ü Siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut,

ü Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.

ü Melalui kajian pustaka dan diskusi, siswa menjelaskan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut

ü Siswa mempresentasikan hasil pengamatan

ü Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.

C. Kegiatan akhir (5 menit)

ü Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.

H. Alat/ Bahan/ Sumber

ü Buku Kerja Biologi IB, Esis

ü Buku Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII

ü Spesimen tumbuhan lumut

I. Penilaian

ü Teknik : tes tertulis, tes unjuk kerja, observasi

ü Bentuk : uraian, tes uji petik kerja, lembar observasi

ü Kisi – kisi dan instrumen pemilaian sebagai berikut :

No

Indikator

Teknik

Penilaian

Bentuk

Instrumen

1

Menjelaskan ciri umum dunia tumbuhan

Tes tertulis

Uraian

2

Menjelaskan ciri – ciri tumbuhan lumut

Tes tertulis

Uraian

3

Menggambarkan struktur tubuh tumbuhan lumut

Tes kinerja

Tes uji petik kerja

4

Mempresentasikan hasil pengamatan dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengmukakan pendapatnya

Tes kinerja

Lembar observasi

5

Menjelaskan siklus hidup tumbuhan lumut

Tes tertulis

Uraian

6

Menjelaskan peran lumut bagi manusia

Tes tertulis

Uraian

UJI PETIK KERJA

Lembar tes unjuk kerja untuk menilai kinerja siswa ” menggambarkan struktur tubuh tumbuhan lumut secara seksama dan teliti ”

Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan

Skor 0 : apabila tidak dilakukan

Pada kolom karakter :

BT = belum terlihat

MT = mulai terlihat

MK = mulai berkembang

MB = mulai membudaya

No

Aspek yang dinilai

Dilakukan

Karakter

Ya

Tidak

1

Membawa tumbuhan lumut yang dimaksud dengan benar

2

Menggambar tumbuhan lumut sesuai dengan bentuk sebenarnya

3

Menyebutkan bagian – bagian tubuh tumbuhan lumut

Jumlah Skor

Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 %

UJI PETIK KERJA 2

Lembar observasi untuk menilai karakter demokratis ” memberi kesempatan orang lain untuk mengemukakan pendapatnya dan karakter lain yang berkembang pada kegiatan presentasi hasil kerja kelompok

Tuliskan : skor 1 : apabila dilakukan

Skor 0 : apabila tidak dilakukan

Pada kolom karakter :

BT = belum terlihat

MT = mulai terlihat

MK = mulai berkembang

MB = mulai membudaya

No

Aspek yang dinilai

Dilakukan

Karakter

Ya

Tidak

1

Menyampaikan hasil pengamatan dengan jujur

2

Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka

3

Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional

Jumlah Skor

Penilaian : skor yang diperoleh / skor maksimal x 100 %

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • bab plantae sub bab bryophyta, contoh RPP berkarakter pelajaran biologi kelas XI IPA semester 2

0 comments:

Post a Comment

 
back to top