Saturday, January 7, 2012

0 CONTOH RPP BERKARAKTER KELAS X SEMESTER II BAB KEANEKARAGAMAN HAYATI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

A. Standar Kompetensi :

3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

B. Kompetensi Dasar :

3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam

C. Indikator

ü Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.

ü Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.

ü Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.

ü Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.

D. Tujuan Pembelajaran

ü melalui diskusi siswa dapat menjelaskan pembagian wilayah flora dan fauna dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya

ü melalui kegiatan membaca siswa dapat mendeskripsikan tipe – tipe bioma yang ada dimuka bumi

ü melalui kajian literatur siswa dapat menjelaskan pentingnya pelestarian keanekaragaman hayati

ü melalui kajian litertur siswa dapat membedakan tipe pelestarian in situ dan ex situ

E. Materi Ajar

ü Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan

ü Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber

ü Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis

2. Hutan musim

3. Sabana

4. Stepa

ü Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.

ü Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ

F. Metode Pembelajaran

ü Diskusi

ü Penugasan

G. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)

Apersepsi

ü Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.

Motivasi

ü Makhluk hidup apa saja yang kamu temui di hutan?

B. Kegiatan inti (70 menit)

ü Guru memberi tugas siswa untuk membaca bab Pembagian wilayah flora dan Fauna di Indonesia

ü Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.

ü Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.

ü Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.

ü Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

ü Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

ü Guru memberi tugas siswa untuk membuat kliping tentang keanekaragaman hayati di Indonesia dan cara pelestariannya

H. Alat/ Bahan/ Sumber

ü Buku Biologi SMA kelas X

ü Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah

I. Penilaian

ü Teknik : tes tertulis, lembar observasi

ü Bentuk : uraian, penilaian kliping

ü Kisi – kisi dan instrumen penilaian sebagai berikut :

No

Indikator

Teknik

Penilaian

Bentuk

Instrumen

1

Menyebutkan pembagian wilayah Flora dan Fauna di Indonesia menurut Wallace

Tes tertulis

isian

2

Menyebutkan contoh makhluk hidup yang mendiami pembagian wilayah flora dan fauna

Tes tertulis

isian

3

Usaha – usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup

Tes tertulis

isian

4

Membuat kliping tentang usaha pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia

Tes kinerja

Tes uji produk

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • bab keanekaragaman hayati, contoh RPP berkarakter pelajaran biologi kelas XI IPA semester 2

0 comments:

Post a Comment

 
back to top