RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi :
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
B. Kompetensi Dasar :
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
C. Indikator
ü Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
ü Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
ü Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
ü Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.
D. Tujuan Pembelajaran
ü melalui diskusi siswa dapat menjelaskan pembagian wilayah flora dan fauna dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya
ü melalui kegiatan membaca siswa dapat mendeskripsikan tipe – tipe bioma yang ada dimuka bumi
ü melalui kajian literatur siswa dapat menjelaskan pentingnya pelestarian keanekaragaman hayati
ü melalui kajian litertur siswa dapat membedakan tipe pelestarian in situ dan ex situ
E. Materi Ajar
ü Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
ü Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
ü Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
ü Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
ü Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ
F. Metode Pembelajaran
ü Diskusi
ü Penugasan
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
Apersepsi
ü Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
Motivasi
ü Makhluk hidup apa saja yang kamu temui di hutan?
B. Kegiatan inti (70 menit)
ü Guru memberi tugas siswa untuk membaca bab Pembagian wilayah flora dan Fauna di Indonesia
ü Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
ü Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
ü Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
ü Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
ü Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.
ü Guru memberi tugas siswa untuk membuat kliping tentang keanekaragaman hayati di Indonesia dan cara pelestariannya
H. Alat/ Bahan/ Sumber
ü Buku Biologi SMA kelas X
ü Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah
I. Penilaian
ü Teknik : tes tertulis, lembar observasi
ü Bentuk : uraian, penilaian kliping
ü Kisi – kisi dan instrumen penilaian sebagai berikut :
No | Indikator | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen |
1 | Menyebutkan pembagian wilayah Flora dan Fauna di Indonesia menurut Wallace | Tes tertulis | isian |
2 | Menyebutkan contoh makhluk hidup yang mendiami pembagian wilayah flora dan fauna | Tes tertulis | isian |
3 | Usaha – usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup | Tes tertulis | isian |
4 | Membuat kliping tentang usaha pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia | Tes kinerja | Tes uji produk |
0 comments:
Post a Comment